7 Jenis Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia

Loading...


7 Jenis Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia


Untuk memenuhi kebutuhan udara segar, manusia begitu membutuhkan pohon sebagai sumber penghasil oksigen. Ya, selain mampu menjaga keseimbangan ekosistem, manfaat utama dari pohon juga untuk menghasilkan oksigen.

Biasanya, oksigen akan banyak dihasilkan dari beberapa jenis pohon yang ukurannya besar dan memiliki cukup banyak daun. Dan salah satu jenis pohon tersebut adalah pohon jati.
Terkenal dengan daunnya yang dapat meranggas pada musim panas, pohon ini dapat tumbuh begitu besar dan subur. Sehingga tak heran jika harga jualnya pun dapat mencapai puluhan juta rupiah.

Namun tahukah, 7 pohon terbesar dan termahal di dunia ini sempat menggegerkan dunia. Berikut 7 diantaranya.
1.      Gothomog
Pohon Gothomog atau yang lebih dikenal dengan nama pohon eg ini merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang salah satu lokasi pertumbuhan terbanyaknya di Australia.

Di Australia sendiri pernah ditemukan pohon eg dengan ketinggian mencapai 90 meter dan dengan diameter 3 meter. Pohon dengan kulit kayu tebal ini juga memiliki ukuran daun yang cukup besar yaitu mencapai 1.5 hingga 7 cm (lebar) dan 6 hingga 22 cm (panjang).

2.      Queets Spruce
Queets Spruce merupakan salah satu pohon terbesar di dunia yang masih dalam keluarga cemara. Dimana pohon ini dapat mencapai ketinggian 75.6 meter.
Bahkan, pohon yang memiliki nama latin PIceSitchensis ini merupakan pohon tertinggi ketiga di dunia.

3.      Red Creek Fir
Masih dalam keluarga cemara, pohon terbesar di dunia ini memiliki keunikan tersendiri di banding dengan pohon terbesar lainnya. Dimana Red Creek Fir kulit kayu bagian dalam yang berwarna kemerahan.

Tinggi maksimal dari pohon yang berasal dari Amerika ini adalah 100 hingga120 meter. Dan berhasil menjadikannya pohon tertinggi ke8 didunia.

4.      Strong girl
Nama yang unik dimiliki oleh salah satu pohon terbesar ini. Banyak dibudidayakan di Australia, pohon yang masih termasuk pohon ek Blue Gum ini dapat mencapai ketinggian 90 meter.

Tak hanya tinggi pohon Strong girl juga dapat mencapai volume 368 meter.

5.      Eucalyptus Regnans
Masih dari Australia, salah satu pohon terbesar di dunia yang juga dikenal dengan nama Giant Ash, Victorian Ash dan Mountain Ash ini ternyata dapat mencapai ketinggian hingga 114 meter.
Untuk volumenya sendiri tak kalah besar dengan pohon lain, yaitu mencapai 391 meter kubik.

6.      Quinault Lake Red Cedar
Jika pohon besar lain umumnya memiliki bentuk yang lurus dan teratur, namun pohon terbesar di dunia yang satu ini bentuknya sedikit tidak beraturan. Atau bisa dibilang banyak celah diantara batangnya.

Pohon yang terletak di sebelah barat danau Quinalt ini dapat mencapai tinggi 180 kaki atau sekitar 55 meter dan dengan volume mencapai 500 meter kubik.

7.      TaneMuhata
Tak hanya merupakan pohon terbesar di dunia, namun TaneMuhata juga merupakan pohon tertua di dunia. Dimana umur TaneMuhata ini dapat mencapai 1250 hingga 2500 tahun.

Dengan umur yang begitu panjang ini, TaneMuhata dapat mencapai volume 516 meter kubik.

Sungguh mengagumkan bukan 7 pohon terbesar di dunia tersebut. Dari 7 pohon di atas, beberapa diantaranya merupakan pohon yang berasal dan banyak dibudidayakan di Australia.

Sebab, Australia merupakan satu benua yang memiliki kondisi tanah dan suhu cukup baik untuk pertumbuhan pohon. Sehingga tak heran jika disini akan banyak dijumpai pohonbesar dengan umur yang panjang.
Baca >> Ketahuan Selingkuh, Penis Pria ini 'DiBakar' Pacar Hingga Matang
Baca >> Dianggap Anak Setan, Bayi 4 Bulan Diinjak dan Dikubur Hidup-Hidup Oleh Orangtuanya
Baca >> Kisah Tragis Pengantin yang Tak Perawan, Saat Malam Pertama...
Loading...

0 Response to "7 Jenis Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...