Durian Bawor, Inilah Montongnya Banyumas… Buahnya Besar & Rasanya Agak...

Loading...


Durian Bawor, Inilah Montongnya Banyumas
Durian memang dikenal sebagai rajanya buah. Rasanya yang sangat manis, legit, dan nikmat mampu membuat banyak orang ketagihan. Bahkan tak sedikit yang rela berburu ke berbagai tempat untuk mendapatkan jenis buah durian yang enak. Walau ada banyak varian durian yang ada di Indonesia, tapi yang cukup populer adalah jenis durian montong.

Namun tahukah anda, ternyata bukan durian montong yang paling istimewa, justru jenis durian lokal yang namanya mungkin kalah populer dengan durian montong Thailand, yaitu durian bawor Banyumas.

Apa Keistimewaan Durian Bawor Ini?
Ternyata durian ini merupakan salah satu jenis unggul hasil pengembangan dari seorang guru SD bernama Sarno Ahmad Darsono. Ia sendiri tinggal di daerah Desa Alasmalang, Kemrajen, Banyumas.

Durian ini juga disebut dengan Bhineka Bawor. Pada saat percobaan pembibitan durian tahun 1996, Pak Sarno tak tanggung-tanggung mencoba sekitar 20 jenis pohon durian lokal. Ia memang bertujuan ingin menciptakan varian durian yang bisa menyaingi durian montong Thailand.

Durian Bawor tercipta melalui teknik okulasi sarakapita. Melalui teknik ini lahirlah Durian Bawor yang mampu menghasilkan buah sangat besar dan daging yang berwarna orange. Daging buah Durian Bawor terkenal sangat tebal dengan biji yang sangat tipis. Inilah yang menjadi daya tarik utama durian bawor bagi para penggemarnya.

Berkat keistimewaannya itu, kini Desa Alasmalang Kabupaten Banyumas menjadi daerah pemasok durian berkualitas yang terkenal di Indonesia. Saat musim durian tiba, setiap hari Pak Sarno bahkan mampu mengumpulkan 2 5 kwintal durian bawor di pondoknya. Durian sebanyak itu ternyata berasal dari 25 petani yang berhasil dibina oleh Pak Sarno untuk menanam durian bawor.

Keuntungan Budidaya Durian Bawor
Kini Pak Sarno dan 25 petani lainnya telah mencicipi manisnya budidaya durian Bawor. Ada berbagai alasan mengapa budidaya durian bawor ini sangat menguntungkan untuk di budidayakan. Nah, berikut ini adalah keunggulannya:

-       Pohon yang tidak mudah roboh dan tidak terlalu tinggi.
-       Durian bawor dapat ditanam di ketinggian 600 m dpl.
-       Cara bertanam durian bawor yang sangat unik, karena Anda harus menambhakan kaki baru pada pohonnya.
-       Kualitas buah dijamin akan sama bagus dengan induknya, karena durian ini berasa dari bibit yang vegetative.
-       Pohon durian bawor dikenal lebih tahan lama dan tahan cuaca ekstrim.
-       Memiliki potensi nilai ekonomi yang menjanjikan.
-       Masa tunggu hingga berbuah jauh lebih singkat daripada varian lainnya yaitu hanya 3 tahun saja.
-       Pohon buah durian bawor bisa bertahan hingga 30 50 tahun.
-       Satu pohon Durian Bawor mampu menghasilkan 60 buah dengan berat terbesar mencapai 12kg.

Bagaimana Cara Budidaya Durian Bawor?
Penasaran, bagaimana durian dengan citarasa nikmat dan memberikan sejuta keuntungan ini dapat tumbuh? Ternyata teknik okulasi sarakapita-lah kuncinya. Sarakapita adalah teknik okulasi dengan menggabungkan tiga atau lebih batang durian unggul saat masih berusia 1,5 3 bulan.

Saat batang sudah menyatu, maka kemudian Anda dapat memilih batang utama untuk dikembangkan. Sedangkan tunas dari batang lainnya harus dibuang agar pertumbuhan batang utama dapat optimal. Batang-batang ini biasa disebut oleh para petani sebagai kaki durian. Dengan penambahan kaki-kaki pada durian, masa tumbuh ternyata dapat berjalan lebih cepat dan citarasa juga sangat nikmat.

Kunci budidaya durian bawor lainnya adalah penggunaan pupuk organik seperti kompos. Pupuk organik ini dipercaya mampu meningkatkan rasa manis, legit, dan aroma durian. Pupuk organik ternyata juga mampu meningkatkan masa produksi pohon durian.

Jika Anda tak mau repot-repot melakukan okulasi, maka Anda saat ini tinggal memesannya melalui petani durian bawor di Kabupaten Banyumas. Mudah bukan?
Baca >> Ketahuan Selingkuh, Penis Pria ini 'DiBakar' Pacar Hingga Matang
Baca >> Dianggap Anak Setan, Bayi 4 Bulan Diinjak dan Dikubur Hidup-Hidup Oleh Orangtuanya
Baca >> Kisah Tragis Pengantin yang Tak Perawan, Saat Malam Pertama...
Loading...

0 Response to "Durian Bawor, Inilah Montongnya Banyumas… Buahnya Besar & Rasanya Agak..."

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...