Carcharodon Megalodon, Raja dari Rajanya Hiu Yang Mampu Hancurkan Kapal

Loading...
Carcharodon Megalodon, Raja dari Rajanya Hiu Yang Mampu Hancurkan Kapal
Hewan apa yang paling mengerikan di laut? Pastinya semua setujukan jika jawabannya adalah ikan hiu. Yup memang betul, dan dari semua jenis ikan hiu yang ada didunia ini ternyata ada spesies tertentu yang paling besar?

Spesies tersebut bernama Carcharodon Megalodon, dan dikenal sebagai rajanya ikan hiu. Nama spesies ini diambil dari bahasa Yunani yang berarti gigi besar, dan konon hiu raksasa ini hidup di masa prasejarah yakni sekitar 1,5 juta hingga 20 juta tahun lalu.

Fosil Carcharodon Megalodon
Bagaimana cara para ilmuwan mengetahui keberadaan si raja hiu ini? Tentunya berkat ilmu paleontologi, para ilmuwan berhasil menemukan fosil-fosil Carcharodon Megalodon yang masih tersisa di bumi ini. Berkat penemuan fosil-fosil tersebut, Carcharodon Megalodon dinobatkan oleh para ahli Paleontologis sebagai predator terbesar dan terkuat sepanjang sejarah.

Rekonstruksi fosil juga membuat parailmuwan tercengang. Pasalnya Carcharodon Megalodon  ini ternyata memiliki ukuran sebesar kapal pesiar. Hiu ini sendiri dipercaya hidup di perairan dalam dan jarang menampakkan diri ke permukaan, kecuali jika sedang mencari mangsa.

Panjang hiu Carcharodon Megalodon mencapai kurang lebih 20 meter. Dengan besar tubuhnya itu, Carcharodon Megalodon bahkan dipercaya bisa membalikkan kapal hanya dengan satu kali senggolan saja. Sang raja hiu ini memiliki karakteristik yang tidak begitu berbeda dengan hiu kebanyakan dan dianggap menjadi nenek moyang bagi hiu puith, hiu ganas yang hingga saat ini masih eksis walaupun sangat jarang terlihat..

Seorang ilmuwan asal Swiss Louis Agassiz pada tahun 1835 memberikan nama Carcharodon Megalodon pada spesies hiu purba ini. Louis Agassiz juga yang telah menemukan bahwa fosil gigi Megalodon sama persis dengan hiu putih jaman sekarang. Fosil gigi Carcharodon Megalodon sendiri memiliki ukuran sepanjang 18 cm dan gigitannya terbukti 10 kali lebih kuat dibandingkan dengan hiu putih. Carcharodon Megalodon juga dipercaya mampu memangsa tyranosaurus (T Rex).

Sebelum ilmuwan berhasil menyimpulkan fosil temuan mereka sebagai Carcharodon Megalodon, orang jaman dulu sepat dibuat geger saat menemukan fosil ini. Dengan panjang fosil gigi yang mencapai 18 cm, orang jaman dahulu menganggap benda itu adalah gigi dari raksasa, monster, atau gigi naga.

Fosil Carcharodon Megalodon sendiri ditemukan di lokasi yang berbeda-beda. Fosil-foil tersebut tersebar di daerah Amerika Utara, Amerika Selatan, Selandia Baru, Jepang, Afrika, Malta, dan India. Jadi fosil ini belum pernah ditemukan di Indonesia ya. Mungkin karena dahulu kala Indonesia hanya dikelilingi oleh perairan dangkal.

Fosil utuh Megalodon sendiri belum pernah ditemukan hingga sekarang. Hasil rekonstruksi yang dilakukan oleh para Paleontologis sendiri hanya berdasarkan tulang belulang hiu putih, mengingat mereka sangat mirip. Dan pada tahun 1843, Louis Agassiz berhasil membuat rekonstruksi fosil Megalodon secara utuh.

Teka-Teki Keberadaan Carcharodon Megalodon
Banyak orang-orang awam yang masih percaya bahwa Carcharodon Megalodon ini hingga saat ini belum punah. Para ilmuwan sendiri tidak berani membantah atau mengiyakan bahwa Carcharodon Megalodon masih hidup. Namun, para ilmuwan sendiri tidak menyangkal bahwa kemungkinan hiu ini masih eksis. Hanya saja mereka jarang menampakkan diri ke permukaan, karena memang habitat asli mereka di perairan dalam. Tentu saja alasan ini masuk akal, karena dengan ukuran tubuh yang melebihi ikan paus dan dengan berat mencapai 80-100 ton, Carcharodon Megalodon membutuhkan perairan laut dalam untuk bebas berenang.

Klasifikasi Ilmiah
Semenjak ditemukan fosil dan diakui oleh para Paleontologis, hiu ini kemudian didaftarkan masuk dalam klasifikasi ilmiah sebagai berikut :

-       Kingdom = Animalia
-       Filum = Chordata
-       Kelas = Chondrichthyles
-       Subkelas = lasmobranchii
-       Ordo = Lamniformes
-       Famili = Lamnidae
-       Genus = Carcharodon
-       Spesies = C. Megalodon

Nah, itulah diatas informasi seputar Carcharodon Megalodon sang raja hiu, semoga menambah wawasan anda.
Baca >> Ketahuan Selingkuh, Penis Pria ini 'DiBakar' Pacar Hingga Matang
Baca >> Dianggap Anak Setan, Bayi 4 Bulan Diinjak dan Dikubur Hidup-Hidup Oleh Orangtuanya
Baca >> Kisah Tragis Pengantin yang Tak Perawan, Saat Malam Pertama...
Loading...

0 Response to "Carcharodon Megalodon, Raja dari Rajanya Hiu Yang Mampu Hancurkan Kapal"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...