7 Pesawat Pertama Di Dunia Dan Juga Di Indonesia

Loading...


7 Pesawat Pertama Di Dunia Dan Juga Di Indonesia
Dalam kecanggihan pesawat terbang seperti yang Anda lihat sekarang ini, kesemuanya itu tidak lepas dari sejarah lahirnya pesawat-pesawat terbang yang ada di dunia. Pesawat terbang menjadi transportasi udara yang sangat berpengaruh bagi manusia di era modern ini. Baik digunakan untuk melakukan perjalanan maupun digunakan dalam bidang kemiliteran.

Lahirnya pesawat terbang dari berbagai belahan dunia memacu Indonesia untuk memproduksi pesawat buatannya sendiri. Berikut adalah 7 pesawat pertama di dunia dan di Indonesia yang wajib Anda ketahui.

1.      Pesawat Gusmão dan Pesawat N-2130
Pesawat Gusmão merupakan pesawat pertama yang di rancang oleh seorang pendeta. Proyek ini gagal dilakukan karena alasan yang tidak jelas. Sementara itu Indonesia memiliki N-2130 yang hendak dikembangkan oleh PT Industri Pesawat Terbang Nusantara, pesawat ini memiliki kapasitas 80-120 penumpang.

2.      Pesawat kelelawar dan Pesawat N-250
Pesawat kelelawar dibuat oleh seseorang yang sangat jenius bernama Clement Ader, ia mengklaim dirinya berhasil menerbangkan pesawatnya di ketinggian 30 meter pada 9 Oktober 1890. N-250 merupakan pesawat buatan Indonesia yang pernah mengikuti Paris Air Show pesawat ini juga menggunakan teknologi fly by wire pertama di kelasnya.

3.      Pesawat Giffard dan Pesawat CN-235
Kedua pesawat ini adalah bagian dari 7 pesawat pertama di dunia dan di Indonesia. Pesawat Giffard adalah pesawat yang membawa penumpang pertama di dunia. CN-235 adalah pesawat yang menggunakan mesin turboprop dan kini menjadi pesawat terlaris di pasaran.

4.      Pesawat Cayley dan Pesawat N-219
7 pesawat pertama di dunia dan di Indonesia lainnya yaitu pesawat Cayley yang dirancang oleh Sir George Cayley, beliau adalah seseorang yang sangat berpengaruh dalam bidang aeronautika. Pesawat N-219 merupakan pesawat generasi baru yang menggabungkan teknologi paling modern dan paling canggih.

5.      Pesawat Albatross dan Pesawat NC-212
Pesawat ini dibuat oleh Le Bris. Le Bris membangun sebuah glider dan terinspirasi dari burung Albatross kemudian menamainya "L'Albatros Artificiel" (Albatross Buatan). Ia melakukan penerbangan di pantai Sainte-Anne-la-Palud (Finistère). Untuk menerbangkan pesawatnya, Le Bris ditarik dengan menggunakan dua kuda yang berlari ke arah angin, ia kemudian bisa terbang dengan mencapai ketinggian 100 meter dari jarak 200 meter. Selanjutnya Indonesia memiliki pesawat NC-212 yang berukuran sedang dan menggunakan mesin turboprop. Pesawat ini diproduksi oleh Spanyol yang digunakan untuk sipil dan militer. Namun Indonesia juga memproduksi jenis pesawat yang sama di bawah lisensi PT Dirgantara Indonesia.

6.      Mesin Terbang Leonardo da Vinci dan Pesawat Tempur G-50 Golden Eagle
7 pesawat pertama di dunia dan di Indonesia selanjutnya yaitu ada pesawat tebang buatan Leonardo da Vinci, salah satu seniman dan ilmuwan termahsyur dari Italia. Dia berhasil membuat glider pertamanya dan kemudian didemonstrasikan kepada masyarakat luas. Pesawat tempur G-50 Golden Eagle adalah bentuk kerjasama antar Indonesia dan Korea Selatan yang menghabiskan biaya pembuatan sebesar 8 milyar dolar Amerika.

7.      Kapal Uap Udara Thomas Moy dan Pesawat Tempur KFX
Pesawat yang menggunakan tenaga mesin uap ini memiliki tiga roda untuk melakukan pendaratan dan juga terdiri dari dua baling-baling. Walaupun pada bulan Juni 1875 pesawat ini mengalami kegagalan pada saat terbang, namun tiga roda pendaratan dan baling-baling kembarnya digunakan oleh pesawat modern zaman ini. Pesawat Tempur KFX juga merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Korea, Korea Aerospace Industry dan juga Pemerintah Indonesia.

7 pesawat pertama di dunia dan di Indonesia tersebut merupakan cikal bakal adanya pesawat-pesawat modern di zaman sekarang ini. Semoga informasi mengenai pesawat pertama di dunia dan di Indonesia bermanfaat bagi Anda.
Baca >> Ketahuan Selingkuh, Penis Pria ini 'DiBakar' Pacar Hingga Matang
Baca >> Dianggap Anak Setan, Bayi 4 Bulan Diinjak dan Dikubur Hidup-Hidup Oleh Orangtuanya
Baca >> Kisah Tragis Pengantin yang Tak Perawan, Saat Malam Pertama...
Loading...

0 Response to "7 Pesawat Pertama Di Dunia Dan Juga Di Indonesia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...