7 Kereta Api Terbesar & Paling panjang Di Dunia

Loading...

7 Kereta Api Terbesar & Paling panjang Di Dunia
Kereta api merupakan modal transportasi massal yang sangat populer di dunia. Keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat karena banyak keuntungan yang bisa didapat dibandingkan dengan modal transportasi massal lain. 

Mengingat minat masyarakat yang begitu tinggi tidak heran beberapa negara-negara di beberapa kawasan seperti china dan eropa sangat serius membangun modal transportasi massal yang satu ini sehingga menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lain.

Kereta api tidaklah untuk mengangkut penumpang saja namun ada juga jenis kereta api terbesar dan terpanjang di dunia yang digunakan untuk mengangkut barang. Masing-masing kereta memiliki keunikan tersendiri mulai dari bentuknya yang sangat panjang, kecepatan yang dimiliki oleh masing-masing kereta api dan jarak tempuh yang bisa dicapai oleh kereta api. Ada 7 kereta api terbesar di dunia yang patut anda ketahui.

Berikut daftar 7 kereta api terbesar di dunia.
1.      Belgia
Kereta yang dibuat dalam rangka amal penelitian penyakit kanker Belgia ini memiliki panjang 5685.3 kaki atau sekitar 1732.9 m dan terdiri dari 70 gerbong yang ditarik oleh satu lokomotif mesin listrik saja. Kereta api ini berkeliling sejauh 38.9 mil atau 62.5 km dari Ghet menuju Ostend pada 27 April 1991 silam.Kapasitas dari kereta ini mencapai 2.786 ton dan mampu melakukan perjalanan dalam 1 jam 11 menit dengan kecepatan rata-ratanya 52.8 km perjam, maka tak heran keta ini masuk dalam 7 kereta api terbesar di dunia.

2.      The Ghan
Tidak hanya terkenal akan satwa uniknya saja, Australia tercatat sebagai salah satu negara yang masuk dalam 7 kereta api terbesar di dunia.  Australia memiliki kereta api yang panjangnya mencapai 12 kali ukuran lapangan sepak bola yang terdiri dari 44 gerbong penumpang. Nama kereta api tersebut adalah The Ghan. Panjang resminya adalah sekitar 1.09 km dengan mengandalkan tenaga dari 2 lokomotif.

Kereta ini masuk dalam kereta yang sangat legendaris karena sejak beroperasi pada 1929 lalu The Ghan mampu melayani rute dari Adelaide ke Darwin. Ini berarti bahwa kereta ini membelah Australia dari ujung utara ke ujung selatan.

3.      Leigh Coal Creek
Berikutnya yang masuk dalam daftar 7 kereta api terbesar di dunia adalah kereta Leigh Coal Creek. Kereta yang ditarik oleh mesin lokomotif ini memiliki panjang mencapai 3 km dengan kecepatan mencapai 80 km/jam. Ada 3 lokomotif untuk menarik 160 gerbong yang berisi batubara dengan jarak tempuh hingga 250 km. Setiap harinya kereta barang Australia ini melakukan perjalanan 250 km ini.

4.      Kereta Api di China
China juga memiliki kereta api yang cukup besar karena mampu melakukan rute perjalanan dari China hingga ke Spanyol. Dengan 40 gerbong kereta api ini mampu menempuh jarak sejauh 13.052 km. Kereta api ini sudah beroperasi sejak beberapa tahun yang lalu.

5.      Kereta Gantung Terpanjang
Tidak hanya memiliki kereta darat yang cukup panjang namun China memiliki kereta gantung yang memiliki panjang hingga 7000 m. Kereta gantung ini masuk dalam kereta terpanjang yang beroperasi di Tianmen Shan China.

6.      Kereta Barang di Indonesia
Indonesia juga memiliki kereta api pengangkut barang yang mampu menarik 20 gerbong dan mampu menempuh jarak hingga 1.060 km. Rangkaian kereta yang panjang ini mengangkut semen dari gudang yang ada di Bogor menuju gudang distribusi di Banyuwangi.

7.      Kereta di Kanada
Kanada memiliki kereta yang masuk dalam 7 kereta api terpanjang di dunia. Kereta yang dimaksud memiliki fungsi untuk menarik gerbong-gerbong berisi material dengan panjang mencapai 2.7 km. Pada masa sejarah kereta ini pernah menjadi kereta api yang terpanjang.
Baca >> Ketahuan Selingkuh, Penis Pria ini 'DiBakar' Pacar Hingga Matang
Baca >> Dianggap Anak Setan, Bayi 4 Bulan Diinjak dan Dikubur Hidup-Hidup Oleh Orangtuanya
Baca >> Kisah Tragis Pengantin yang Tak Perawan, Saat Malam Pertama...
Loading...

0 Response to "7 Kereta Api Terbesar & Paling panjang Di Dunia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...