6 Negara Yang Pernah Menjadi Bagian Dari Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset

6 Negara Yang Pernah Menjadi Bagian Dari IndonesiaIndonesia memiliki 8 buah pulau yang terdiri dari 34 provinsi. Namun hal ini terbentuk saat negara Indonesia dinyatakan merdeka. Sebelum Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945, ternyata ada lho beberapa negara yang dulunya pernah menjadi bagian dari Indonesia.

Dikutip dari lamanm merdeka.com, inilah 6 negara yang dulunya pernah menjadi bagian dari Indonesia.

1.Timor Leste
Timor Leste atau yang dulunya disebut Timor Timur, terpisah dengan Indonesia dikarenakan kelompok pro-kemerdekaan yang memenangkan referendum yang dilakukan oleh bapak Presiden BJ Habibie kala itu pada tahun 1999.

2.Brunei Darussalam
Catatan dari Arab dan China menyebutkan bahwa pada IX wilayah dari Brunei Darussalam dulunya dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya serta meluaskan pengaruhnya hingga ke Kalimantan Utara. Namun, kekuasaan tersebut malah jatuh ke tangan Kerajaan Majapahit dan Patih Gajah Mada karena ambisinya untuk menyatukan nusantara melaksanakan Sumpah Palapa.

3.Malaysia
Malaysia dulunya juga dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya sekitar abad ke-8. Kerajaan Majapahit juga pernah menguasai daerah Malaysia atas perintah dari Patih Gajah Mada.

4.Singapura
Pada masa lalu, Singapura yang bernama Temasek ini merupakan wilayah yang tidak terlalu mendapat banyak perhatian dikarenakan tidak mempunyai kekayaan alam yang berlimpah. Namun, dari Buku Negarakertagama karangan Mpu Prapanca tertulis bahwa Temasek merupakan wilayah kekuasaan Majapahit dengan menempatkan Adityawarman sebagai panglima militer saat itu.

5.Kamboja
Kerajaan Sriwijaya dengan kekuatan maritimnya pernah melakukan invasi militer ke wilayah yang kini bernama Kamboja, pada abad ke-7. Bukti ini jug diperkuat dengan ditemukannya prasasti di Tepian Sungai Mengkong.

6.Filipina
Kerajaan Majapahit dan Patih Gajah Mada yang bertekad kuat untuk menjadikan Mindanau wilayahnya karena terikat dengan Sumpah Palapa yang ingin mempersatukan wilayah Nusantara di kala itu.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "6 Negara Yang Pernah Menjadi Bagian Dari Indonesia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...