Maret 2015
Ketika berbicara tentang pulau, mungkin kita akan berfikir jika sebuah pulau itu memiliki ukuran luas dengan berbagai suku dan sumber kehidupan didalamnya. Namun, dibelahan Bumi ternyata ada sejumlah pulau terkecil di dunia dengan penduduk sangat padat. Mungkin hal ini akan membuat beberapa orang tidak percaya.

Untuk itu berikut ini 7 pulau terkecil di dunia yang dipadati penduduk dengan berbagai aspek kehidupan dari lingkungannya:
7 Pulau Terkecil Di Dunia Yang Padat Penduduk
Pulau Mexcaltitan
 
1.       Pulau Mexcaltitan, merupakan pulau terkecil di dunia yang terletak di Meksiko. Pulau kecil yang memiliki kota berdiri diatas rawa bakau berlapis ini, akan diguyur hujan pada bulan Juni hingga Oktober. Dengan demikian, dalam masa itu jalan – jalan kota selalu dibanjiri air. Dalam hal ini, sejumlah ahli percaya jika Mexcaltitan sebenarnya Aztlan legendaris atau tanah air leluhur orang – orang Aztec. Dipadati penduduk dengan mata pencaharian nelayan penghasil komoditi udang untuk dikirim keluar pulau.

2.       Ebeye Island, adalah suatu pulau yang terletak di Atol Kwajalein tepatnya di kepulauan Marshall. Lebih dari 50% penduduk pulau ini masih berusia dibawah 18 tahun. Ebeye ini merupakan pulau kecil dengan penduduk terpadat kedua namun, terkenal dengan kota kumuh di Pasifik Selatan.

3.       Pulau Flores, berada di danau Peten Itza Guatemala. Pulau ini juga biasa disebut Tayasal namun, nama aslinya adalah Cirilo Flores yang diserukan oleh pejuang Guatemala pada kemerdakaann pertama dari kekuasaan kolonial dimasanya. Flores merupakan pulau kecil yang berpenduduk padat namun tenang. Dimana, dipulau kecil ini terdapat banyak restoran, hotel, toko souvenir, toko kerajinan serta sejumlah pusat perbelanjaan. Pulau tersebut terhubung kedaratan dengan jalan alternatif yang sempit untuk menuju kota – kota disekitarnya.

4.       Santa Cruz Del Islote, pulau kecil dengan penduduk terpadat di dunia yang keempat. Santa Cruz Del Islote, adalah pulau dengan kota kecil di lepas pantai Kolombia tepatnya di perairan zamrud of the Caribbean. Pulau ini indah, meskipun dipenuhi dengan banyak kegiatan oleh penduduknya. Namun, untuk tempat pemakaman penduduk pulau ini membutuhkan tempat di pulau tetangga.

5.       Mingingo Island, memiliki luas 2000 m persegi yang merupakan salah satu tida pulau kecil di danau Victoria. Mingingo terletak di Kenya yang beberapa tahun lalu sempat diperbutkan Uganda dan Kenya. Mata pencehariannya penduduk pulau ini sebagai nelayan, dan juga pedagang ikan.

6.       Fadiouth, adalah pulau dengan penduduk pada yang terletak di ujung pantai Cote Petitet di Sengeal selatan timur dari Dakar. Hampir 85%, pulau ini terbuat dari cangkang karang dan bisa diakses dengan menggunakan jembatan kayu sempit yang bisa digunakan berjalan kaki. Kegiatan ekonomi utama penduduk pulau ini adalah bergerak di bidang pertanian dan perikanan.

7.       Pulau Lindau, berada di didi timur Danau Constance Bodense yang merupakan kota bersejarah dengan ukuran 0,68 km persegi. Pulau ini terhubung dengan daratan oleh sebuah jembatan dan juga jalan lintas dari kereta api ke stasiun Lindau.

tujuh pulau terkecil di dunia versi on the unik spot yang dipadati penduduk kini menjadi kawasan wisata pasalnya sejumlah travelling mulai penasaran dengan aspek kehidupan yang ada di pulau – pulau kecil tersebut.
Negara umumnya terdiri dari suatu daerah, kemudian rakyat, serta sistem pemerintahan yang berdaulat. Namun, di dunia ini tidak semua negara memiliki wilayah yang luas pasalnya sejumlah daerah di belahan bumi ditemukan sejumlah negara dengan luas sangat kecil. Negara terkecil di dunia memiliki batas minimal yang tentunya sangat padat penduduk. Pasalnya, populasi kehidupan manusia akan mengalami peningkatan disetuiap tahunnya. Tidak bisa dibayangkan bagaimana jika kita tinggal di negara yang sempit sementara setiap harinya perlu melakukan sejumlah kegiatan.

Berikut ini adalah 7 negara terkecil di dunia yang tentunya memiliki luas negara tidak ada separo dari kota Jakarta:
 
7 Negara Terkecil Di Dunia
Negara Vatikan
1.       Negara Vatikan, merupakan salah satu negara terkecil di dunia yang pertama. Vatikan adalah negara yang memiliki luas 0,44km persegi atau hanya 44 hektar. Negara ini juga termasuk tahta suci Katholik dan disinilah Paus tinggal. Disini terdapat gereja dan juga bangunan dengan arsitekstur yang memiliki nilai seni tinggi. Vatikan City, memiliki jumlah penduduk  sekitar 839 jiwa dan bisa dikatakan cukup padat.

2.       Negara Monako, adaah sebuah negara yang berkuruan kecil terletak di sebelah selatan Prancis. Monako dikenal sebagai destinasi judi yang sangat populer. Monako hanya memiliki luas 2.02 km persegi. Meskipun termasuk dalam negara paling kecil didunia Monako juga tercatat sebagai negara, yang memiliki pendapatan perkapita tertinggi belahan di dunia yaitu sekitar $153.177. Jumlah penduduknya sekitar 36,37 jiwa.

3.       Nauru, merupakan negara terkecil didunia yang terletak di samudera Pasifik. Negara Nauru hanya memiliki luas 21km persegi dan hanya terdiri dari satu pulau. Nauru termasuk negara miskin dan hanya bergantung pada tambang fosfat yang kini semakin menipis dengan jumlah penduduk sekitar 9.378 jiwa.

4.       Tuvalu, termasuk negara kepulauan yang memiliki wilayah kecil terletak di tengah samudera Pasifik. Tuvalu bertetangga dengan Kribati, Nauru, Fiji, dan Samoa. Negara Tuvalu memiliki luas 26 km persegi dengan jumlah penduduk 10.837 jiwa.

5.       San Mario, merupakan salah satu negara yang berada didalam sebelah timur Italia. Memiliki luas 61,2 km2 dan termasuk negara tertua di dunia karena sudah merdeka sejak kerjaan Roma di tahun 301 M. Meskipun memiliki wilayah yang sangat kecil ternyata negara ini masuk dalam kategori sebagai negara terkaya di dunia dengan angka pengangguran cukup kecil. Penduduknya berjumlah 32,576 jiwa yang semuanya bekerja hanya, usia lanjut dan dibawah usia yang menjadi pengangguran.

6.       Liechtenstein, adalah negara yang sangat kecil terletk di perbatasan Austria dan Swiss. Lienchenstein hanya memiliki luas 160 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 36.281 jiwa. Negara ini memiliki lokasi yang bergunung – gunung sehingga, menjadi destinasi olahraga yang populer di musim dingin tiba.

7.       Kepulauan Marshall, adalah sebuah negara kepulauan yang berada di sebelah utara samudera Pasifik dengan luas 181 km persegi serta jumlah penduduk 68 ribu jiwa.

tujuh negara terkecil di dunia versi on the unik spot yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat dan selalu bertambah di setiap tahunnya. Negara – negara tersebut memiliki sumber daya kehidupan yang memang sepatutnya dijaga dengan baik.
Kota terkecil di dunia tidak harus dipandang sebelah mata pasalnya, sejumlah kota yang terkenal dengan luas wilayah sempit ini memiliki bangunan megah dan patut untuk diacungi jempol. Kota kecil juga bukan berarti untuk tidak layak dikunjungi.

Beberapa diantaranya memiliki kondisi alam dengan pemandangan eksotis. Seperti 7 kota terkecil di dunia berikut ini:
7 Kota Terkecil Di Dunia
San Sebastian
1.       San Sebastian, merupakan kota terkecil di dunia yang berada di sebelah utara negara Spanyol. Lokasinya tepatnya berada di 98 km dari Bilbao. Meskipun memiliki wilayah kecil, kota San memiliki pemandangan cantik yaitu hamparan pantai berpasir putih yang mampu menciptakan panorama alam sangat menarik. Pantai tersebut dijadikan sebagai tempat surfing di siang hari dan pada malam harinya bisa dijadikan kuliner tepat dimalam hari.

2.       Queenstown, kota kecil yang menyenangkan berada di Selandia Baru. Di kota kecil ini anda bisa melakukan berbagai aktifitas yang menyenangkan dan memacu adrenalin, mulai dari ski, bungee jumping dan juga terjun payung di kawasan gunung yang tertutup salju. Kegiatan yang sangat memacu adrenalin tentunya sangat seru bahkan mampu membuat anda ketagihan untuk mencobanya lagi.

3.       Interlaken City, merupakan kota kecil di Swiss yang memiliki pemandangan gunung cantik mempesona. Gunung tersebut ditutupi salju dan lokasi ini cocok untuk anda yang menyuaki olahraga Ski serta snowboarding. Di bagian tengah – tengah gunung juga ada sebuah danau yang menjadi kota kecil ini semakin populer dengan jumlah pengunjung terbanyak disetiap tahunnya.

4.       Byron Bay City, merupakan kota kecil yang berada di ujung timur Australia. Kota terkecil keempat ini berubah menjadi kota wisata yang mampu memanjakan para pengunjungnya. Pasalnya, disaat musim panas pengunjung bisa menikmati keindahan alam disore hari dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Selain itu juga ada bar yang terdapat di tepi pantai dan tentunya akan menyenangkan.

5.       Itacare City, merupakan kota terkecil disebelah timur Brasil yang memiliki pantai sangat cantik. Pemandangan di pantai ini juga khas dengan pohon kelapa, pasir putih, toko minuman disepanjang pantai serta tanda untuk berjemur para turis.

6.       Bruges, adalah kota terkecil di dunia yang keenam dan merupakan kota kecil menawan sepanjang masa. Bruges city, memiliki banyak sungai kecil dengan jembatan yang berdesain khas Eropa. Di kota ini juga terdapat town square, hingga galeri seni berkelas atas.

7.       Cartagena, merupakan kota kecil yang modern terletak di negara Kolombia, Meskipun kota tua Cartagena memiliki pemandangan yang indah sehingga membuat sejumlah wilayah terlihat lebih mmpesona terutama tentang kondisi alamnya.

Itulah tujuh kota terkecil di dunia versi on the unik spot yang hingga kini terus didatangi para wisatawan dunia. Banyak traveller yang merasa penasaran untuk bisa mengunjungi kota – kota kecil tersebut demi mendapatkan kedamaian akan keindahan alam dari kota – kota itu.
Secara umum, serendah – rendahnya pantai pasti memiliki dataran yang lebih tinggi dari permukaan laut. Namun, berbeda dengan beberapa tempat ini yang memiliki ketinggian dataran lebih rendah dari permukaan laut. Dengan lokasinya yang sangat rendah sejumlah tempat tersebut tercatat sebagai pemecah rekor sebagai dataran terendah di dunia. Tempatnya menjadi begitu aneh karena berada didalam ketinggian jauh dibawah rata – rata.

Berikut adalah 7 dataran terendah di dunia yang perlu anda ketahui.
 
7 Dataran Terendah Di Dunia
Dead Sea

1.       Dead Sea, atau laut mati merupakan dataran terendah di dunia yang pertama. Laut asin ini berada di perbatasan Palestina dan Yordania Timur. Permukaan dan pantainya terletak di ketnggian 1.385 dibawah permukaan laut. Sehingga menimbulkan elevasi air terendah di permukaan planet dan membuat tanah menjadi kering. Di laut mati ini tercatat dengan konsentrasi salinitas dengan rata – rata 31,5 %. Hal tersebut memungkinkan seseorang bisa mengapung diatas air yang sangat asin ini.

2.       Sea of Galilee, merupakan danau air tawar sepanjang 15 mil dengan lebar 8 mil berlokasi di Israel dan termsuk dalam kategori dataran terendah didunia yang kedua. Berada pada ketinggian 646m dibawah laut. Meskipun demikian ini merupakan salah satu danau terbesar di dunia sepanjang masa.

3.       Lake Assal, adalah sebuah kawah yang berada 509 kaki dibawah permukaan laut di Afar Ethiopia. Kawah ini dianggap sebagai hamparan garam tertinggi di dunia dengan kandungan garam 34,8% jauh lebih tinggi dari laut mati.

4.       The Turfan Depression, merupakan dataran terendah yang keempat. Berada di pegunungan China Bogda tepatnya di daerah Otonomi Xinjiang Barat. Dataran rendah yang memiliki luas 50 ribu km persegi merupakan tempat terpanas dan terkering, yang berada di ketinggian 503 kaki dibawah permukaan laut.

5.       Laguna Del Carbon, merupakan sebuah danau garam yang berada di Provinsi Cruz Argentina terletak pada ketinggian 344 dibawah permukaan laut. Hal ini membuat danau Laguna sebagai danau dengan titik terendah baik dari belahan selatan atau barat. Dan tempat ini juga merupakan titik terendah kelima didunia.

6.       Death Valley, merupakan sebuah gurun gersang yang berada di Amerika Serikat dan termasuk bagian dari gurun Mojave. Dataran terendah yang kering dan juga panas dengan ketinggian 282 kaki dibawah permukaan laut. Dikatakan sebagai tempat terpanas dan terkering pasalnya suhu di dataran ini mencapai 134°F.

7.       Vestfold Hills, berada di Antartika yang memiliki ketinggian 8.383 dibawah permukaan laut. Dataran paling rendah ini tidak bisa diakses oleh manusia karena tertutup dengan es yang sangat tebal.

tujuh dataran terendah di dunia versi on the unik spot yang dijelaskan diatas mungkin bisa dikenal sebagai tempat cukup ekstrem. Pasalnya, berbagai hal aneh tersimpan mulai dari kandungan garam paling banyak serta la[isan es dengan sangat tebal.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...