Logam itu biasanya bobotnya pasti berat, namun kini ilmuwan telah merancang logam baru yang sangat ringan. Logam yang kuat dan ringan itu disebut microlattice



Logam Sangat Kuat Ini Lebih Ringan Dari Styrofoam
Logam itu biasanya bobotnya pasti berat, namun kini ilmuwan telah merancang logam baru yang sangat ringan.

Logam yang kuat dan ringan itu disebut microlattice dan dikembangkan oleh para ilmuwan di Laboratorium HRL di Malibu, California. Laboratorium itu juga dimiliki oleh General Motors dan Boeing.

Nah, logam baru bisa sangat ringan karena bahannya 99,9 persen tidak mengandung unsur logam.Lalu, dimana unsur logamnya?

Jadi, microlattice itu sendiri dibuat dari jaringan tabung-tabung yang sangat kecil. Beratnya 100 kali lebih ringan dari styrofoam.

Logam yang ringan ini memang akan dipergunakan di industri otomotif dan dirgantara. Tujuannya adalah untuk menghemat energi. Sehingga diperlukan untuk membuat material yang seringan mungkin, namun tidak mengorbankan kekuatan struktural.

Meskipun ringan, logam tersebut juga sangat kuat. Ini dikarenakan strukturnya sendiri menganut prinsip yang digunakan untuk membangun menara Eiffel di negara Prancis.

Jaringan tabung-tabung kecil yang terdapat di dalam tubuh logam ringan tersebut, memiliki ukuran tebalnya hanya 100 nanometer (1.000 kali lebih tipis daripada rambut manusia) yang membentuk seperti ikatan serta sambungan pada menara Eiffel.

Biasanya agar menghasilkan struktur yang kuat dan ringan, bagian dalam dari struktur tersebut memakai bahan busa ataupun material ringan yang disusun dengan pola sarang lebah.

Dengan logam ringan ini, struktur yang kuat bahkan dapat lebih kuat dengan bobot yang malah lebih ringan.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...