Danau Kuno Ditemukan di Bawah Gurun Sahara

Loading...

Danau Kuno Ditemukan di Bawah Gurun Sahara
Ada sebuah danau kuno yang tampak membentang sepanjang 350 kilometer telah ditemukan dibawah padang pasir Gurun Sahara negara Mesir.

Para pakar Geologi Ted Maxwell dari Smithsonian National Air dan Museum Space kota Washington DC, menguji gambar yang beresolusi tinggi di sebelah barat daya Mesir yang diambil dengan menggunakan STRM (Shuttle Radar Topografi Mission) yang dimiliki NASA.

SRTM adalah sebuah sistem radar modifikasi, yang dapat menempel pada Space Shuttle Endeavour, yang telah diluncurkan sejak bulan Februari tahun 2000. Sistem tersebut berhasil mengidentifikasi sebuah daerah di Tushka, yang mana air danau dapat terbentuk dari luapan Sungai Nil.

Danau tersebut muncul sekitar 250 ribu tahun yang lalu, selama periode iklim basah pada saat wilayah itu masih tertutup oleh padang rumput. Saat pasang, danau tersebut memiliki luas kurang lebih 68.200 kilometer persegi.Tapi, danau tersebut mengering sejak 80 ribu tahun lalu.

Perkiraan luas danau tersebut kemungkinan akan bisa menjelaskan bagaimana fosil ikan pada periode akhir interglacial berhasil ditemukan di Bir Tarfawi, sekitar 400 kilometer sebalah barat dari Sungai Nil. Fosil tersebut juga ditemukan disebelah ujung utara saluran limpasan Selima Oasis di negara Sudan.

Bukti untuk mega-danau itu terdeteksi di Chad, Sudan dan juga Libya. Lokasi oasis kuno tersebut bisa membantu menjelaskan tentang pola migrasi manusia purba dahulu kala.
Baca >> Ketahuan Selingkuh, Penis Pria ini 'DiBakar' Pacar Hingga Matang
Baca >> Dianggap Anak Setan, Bayi 4 Bulan Diinjak dan Dikubur Hidup-Hidup Oleh Orangtuanya
Baca >> Kisah Tragis Pengantin yang Tak Perawan, Saat Malam Pertama...
Loading...

0 Response to "Danau Kuno Ditemukan di Bawah Gurun Sahara"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...