Ada 'Babi Berbulu Domba', Anda Perlu Teliti

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset

Ada 'Babi Berbulu Domba', Anda Perlu Teliti
Melihat dari moncong dan postur tubuhnya, tidaklah sulit menebak bahwa hewan ini adalah babi. Tapi, jika melihat bulu-bulu lebat ikal dan mengembang, babi mangalitsa terlihat mirip dengan domba.

 Mangalitsa atau mangalica adalah babi langka asal negara Hungaria yang memiliki bulu keriting mirip dengan domba. Bulunya bisa berwarna merah atau hitam, namun lebih sering berwarna pirang.

Babi pada umumnya memiliki bulu pendek, namun terdapat ras babi lainnya yang punya bulu panjang adalah jenis Lincolnshire Curly Coat dari negara Inggris, yang kini telah punah.

Oleh sebab itu, mangalitsa adalah babi terakhir yang berbulu domba, dan hampir punah pada 1990 an hingga kini spesiesnya hanya tersisa kurang dari 200 ekor.

Babi mangalitsa tidaklah sulit dipelihara, sebab tidak memerlukan perawatan khusus. Mangalitsa punya kemampuan alami dalam menggemukkan tubuh, bahkan hewan ini merupakan jenis babi tergemuk di dunia dengan kadar lemak mencapai 65 hingga 70 persen dari berat tubuhnya.

Dari awal Abad ke-19 sampai tahun 1950-an, babi mangalitsa adalah ras babi paling populer di Hungaria. Lemak serta produk olahan dagingnya menjadi produk sangat diminati di pasar Eropa.  Namun, pada pertengahan Abad ke-20, babi mangalitsa turun pamor. Karena, orang-orang sudah paham bahwa lemak jenuh berbahaya untuk kesehatan. Sehingga, pengembangbiakan babi ini menurun, digantikan dengan ras babi yang lebih rendah kanduangan lemaknya.

Pada akhir tahun 1970-an, babi mangalitsa di negara Austria hanya dapat ditemukan di penangkaran dan juga kebun binatang, dan hanya berjumlah kurang dari 200 ekor di negara Hungaria.

Namun, di pertengahan 1980-an, minat pada Mangalitsa kembali muncul. Pada tahun 1994, Hungarian National Association of Mangalica Pig Breeders dibentuk untuk melindungi ras babi ini.

Hari ini, lebih dari 8.000 peternakan hewan babi di negara Hungaria yang memproduksi 60.000 mangalitsa setiap tahunnya. Meskipun masih masuk kategori spesial dan juga terbatas, mangalitsa tidak akan segera punah.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "Ada 'Babi Berbulu Domba', Anda Perlu Teliti"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...