Wow, 4.166 Koin Harta Karun Ditemukan di Petani Kebun

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset

Wow, 4.166 Koin Harta Karun Ditemukan di Petani Kebun
Sebanyak  4.166 koin perunggu dan koin perak peninggalan dari Romawi Kuno telah ditemukan di kebun buah dan sayur. Penemuan tersebut adalah penemuan harta karun yang terbesar di Swiss.

Koin-koin itu dikubur kurang lebih 1.700 tahun yang lalu, dengan berat 15 kg dan ditemukan di kota Ueken, Swiss. Sang pemilik ladang pada awalnya melihat koin yang tampak berkilat di kebun cerinya. Kemudian ia pun menggali dan tidak disangka-sangka dia juga menemukan ribuan koin lainnya.

Ia memperkirakan bahwa koin tersebut peninggalan zaman Romawi sebab sebelumnya juga telah ditemukan koin yang sama di kota terdekat Frick. Ia pun segera menelepon pihak otoritas setempat dan kemudian melabelinya sebagai penemuan paling besar di negara Swiss, sebagaimana yang seperti dari The Guardian.

Para ahli mengatakan kepingan tersebut diperkirakan berasal dari zaman Kekaisaran Aurelian pada tahun 270-275 masehi hingga pada Kekaisaran Maximian tahun 286-305 masehi ketika mereka menguasai wilayah Eropa. Kemudian koin terbaru dibuat tahun 294 masehi.

"Kebun yang di mana koin tersebut ditemukan tidak pernah dibangun bangunan apapun. Ladang tersebut benar-benar hanya diperuntukkan untuk lahan pertanian saja," ujar Georg Matter, seorang arkeolog yang mengungkapkan mengapa harta karun tersebut baru ditemukan setelah sekian lama.

Kondisi koin itu terlihat begitu baik mengindikasikan bahwa pemilik koin tesebut sering membersihkannya. Untuk berbagai alasan, si pemilik segera menguburkannya setelah tahun 294 masehi dan tidak pernah membukanya lagi.

"Adapun harga untuk koin-koin tersebut jika dihitung dari nilainya sekarang tergantung dari berbagai sisi. Petani ysng menemukannya akan mendapatkan uang atas jasa penemuannya. Tetapi koin tersebut tetap milik publik, sesuai dengan peraturan dan undang-undang negara Swiss," kata Matter.

Koin-koin itu disebut dengan harta karun Ueken, rencananya koin itu akan dipamerkan di Museum Vindonissa, di kota Brugg, Aargau, setelah usai diteliti.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "Wow, 4.166 Koin Harta Karun Ditemukan di Petani Kebun"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...