7 Waduk Terbesar Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Waduk merupakan sebuah bendungan yang dibuat manusia. Bendungan ini berisikan air yang air tersebut memiliki fungsi bagi kehidupan disekitarnya. Waduk dibangun untuk dijadikan tempat wisata dan beberapa diantaranya dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik air. Waduk menjadi tempat wisata yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian suatu daerah tertentu. Di Indonesia ini terdapat banyak sekali waduk dan beberapa diantaranya tercatat sebagai waduk terbesar di Indonesia.
Berikut 7 waduk terbesar di Indonesia yang mampu menampung volume air dalam jumlah banyak :

7 Waduk Terbesar Di Indonesia

1.       Waduk Sigura-gura, menempati posisi pertama sebagai waduk terbesar di Indonesia. Waduk ini terletak di Sumatera Utara yang airnya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air dan juga sumber air bersih untuk masyarakat sekitar. Waduk ini dialiri air dari air terjun Sigura-gura yang mampu menampung 6.140.000 m kubik.

2.       Waduk Gajah Mungkur, merupakan waduk terbesar kedua yang terletak di Jawa Tengah. Waduk ini sangat terkenal sebagai tempat wisata andalan daerah Wonogiri. Karena, waduk ini dikelilingi dengan bukit hijau yang sangat eksotis. Tercatat sebagai waduk terbesar karena memiliki luas 8800 hektar.

3.       Waduk Karangkates, terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung Malang. Waduk ini terletak diperbatasan Malang dan Blitar sehingga sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi orang yang melakukan perjalanan dari Malang ke Blitar atau sebaliknya. Waduk Karangkates, berfungsi sebagai pengendali banjir, penyedia air irigasi, pembangkit listrik serta tempat wisata dan perikanan darat.

4.       Waduk Batutegi, adalah sebuah bendungan yang terletak di Lampung. Waduk ini berfungsi sebagai pembangkit listrik yang diresmikan oleh Ibu Megawati pada tahun 2004 lalu. Tercatat sebagai waduk terbesar karena memiliki volume air mencapai 687,767 juta m kubik.

5.       Bendungan Batujai, adalah waduk terbesar yang ada di Nusa Tenggara Barat. Waduk ini terletak di desa Batu Jai kecamatan Praya ombok tengah. Keberadaannya sekitar 15 km dari Praya yang berfungsi sebagai penyedia irigasi dan juga pembangkit tenaga listrik.

6.       Waduk Tilong, adalah waduk terbesar di Nusa Tenggara Timur yang menjadi tempat wisata populer dari daerah Kupang. Bentuknya yang sangat luas menciptakan sebuah pemandangan baru dengan udara sejuk dan nyaman membuat banyak wisatawan berkunjung ke bendungan ini. Sehingga dimusim libur tiba waduk ini selalu dipadati wisatawan dari berbagai daerah.

7.       Waduk Bili-Bili, merupakan sebuah waduk yang terletak di kabupaten Gowa atau tepatnya 30 km ketimur dari kota Makassar. Waduk ini berfungsi sebagai sumber air baku bagi perusahaan daerah air minum (PDAM), daerah Gowa sekaligus provinsi Makassar.

Itulah 7 waduk terbesar di Indonesia yang memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia disekitarnya.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

1 Response to "7 Waduk Terbesar Di Indonesia "

Pahruddin Udin mengatakan...

Maaf, mengenai waduk bili bili(no.7) ada tulisan provinsi makassar,yg benar adalah kota makassar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...