7 Upacara Adat Yang Menyeramkan Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman budaya. Setiap daerah memiliki kebudayaan atau tradisi yang berbeda. Tidak hanya seni kebudayaan saja, di Indonesia juga terdapat sejumlah upacar adat. Dari banyaknya jenis upacara tersebut, beberapa diantaranya tercatat sebagai upacara adat di Indonesia yang dianggap menyeramkan. Upacara adat tersebut tidak ditemui didaerah lain dan hanya ada di Indonesia saja.
Berikut adalah 7 upacara adat yang menyeramkan di Indonesia :

7 Upacara Adat Yang Menyeramkan Di Indonesia

1.       Upacara Ritual Arwah (Tiwah), menempati posisi utama sebagai upacara adat di Indonesia yang cukup menyeramkan. Upacara ini bertujuan untuk menghantarkan roh leluhur ataupun sanak saudara yang telah meninggal dunia. Dalam upacara ini dilakukan pemindahan dengan menyucikan sisa jasad dari liang kubur menuju sebuah tempat yang disebut dengan sandung. Upacara adat ini hanya dilakukan oleh warga Dayak Kalimantan Tengah.

2.       Upacara Kebo-keboan, adalah upacara adat yang dilakukan setiap tahun. Upacara adat ini dilaksanakan oleh warga Alasmalang untuk memohon turunnya hujan ketika musim kemarau panjang. Upacara ini disebut seram karena seseorang harus menggunakan berbagai atribut hingga menyerupai kerbau. Puncak upacara ini adalah dengan membajak sawah dan kemudian menanam bibit padi di persawahan.

3.       Adu Kerbau Bule, merupakan prosesi adu kerbau yang diselingi dengan prosesi pemotongan kerbau ala Toraja. Upacara adat ini disebut dengan Matinggori tedong yang diadu dengan kerbau jantan. Sebelumnya, kerbau yang akan diadu sudah melakukan pelatihan hingga berkali-kali. Upacara ini cukup menyeramkan karena, ketika kerbau mengamuk bisa menyerang orang-orang disekitarnya.

4.       Rambu Solo, adalah upacara adat kematian yang dilakukan oleh masyarakat Toraja. Upacara ini sudah turun temurun dari para leluhurnya. Upacara Rambu Solo, dilakukan sebagai tanda penghormatan terakhir pada mendiang baik saudara ataupun teman dekat. Setelah melewati upacar penghormatan, mendiang di usung dengan menggunakan Tongkonan menuju makam yang ada di tebing-tebing dalam goa.

5.       Pasola Sumba, merupakan upacara adat menyeramkan dari serangkaian upacara tradisional yang dilakukan oleh orang Sumba. Upacara adat ini dilakukan setiap tahun pada bulan Februari ataupun Maret dengan tujuan untuk memohon restu para dewa supaya panen tahun tersebut berhasil dengan baik. Puncak dalam upacara adat ini disebut dengan Pasola, atau sebuah perang-perangan yang dilakukan oleh dua kelompok berkuda.

6.       Tabuik, adalah upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Sumatera Barat. Tradisi ini, sudah dilakukan secara turun temurun pada 10 Muharaam atau Asura.

7.       Ngaben, merupakan upacara adat menyeramkan yang dilakukan oleh masyarakat Bali. Ngaben ini merupakan upacara pembakaran jenazah atau disebut dengan kremasi jenazah umat Hindu Bali. Terasa menyeramkan karena mayat dari sanak saudara mereka yang harus dibakar didepannya.

Itulah 7 upacara adat yang menyeramkan di Indonesia dan masih terus dilakukan hingga saat ini.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Upacara Adat Yang Menyeramkan Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...