7 Tradisi Unik Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan keberagaman budaya. Disetiap daerah selalu memiliki adat atau budaya yang berbeda. Pasalnya, dari tiap pulau terlahir dari suku-suku yang berbeda. Sehingga menciptakan sebuah tradisi yang tidak dimiliki oleh negara lain. Dari sejumlah tradisi ini, beberapa diantaranya tercatat sebagai tradisi unik di Indonesia yang menggemparkan dunia.
Berikut adalah 7 tradisi unik di Indonesia yang merupakan warisan para leluhur :

7 Tradisi Unik Di Indonesia

1.       Tradisi Tawur Nasi, menempati posisi pertama sebagai tradisi unik di Indonesia yang dilakukan oleh masyarakat desa Palemsari Rembang Jawa tengah. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Konon katanya, jika tradisi tawur nasi tidak dilakukan mereka akan mengalami gagal panen. Nasi yang telah disawurkan dengan penuh kegembiraan ini akan dikumpulkan warga untuk dipanjatkan do'a kemudian digunakan untuk saling lempar antar peserta, tak jarang nasi yang dilempar tadi meleset kearah penonton. Meskipun saling lempar, tak ada rasa dendam antar warga. Setelah prosesi tradisi ini selesai nasi yang telah dilemparkan tadi dijadikan sebagai pakan ternak mereka supaya binatang ternaknya bisa berkembang semakin banyak.

2.       Tradisi meruncingkan gigi, merupakan tradisi unik yang dilakukan di Mentawai Sumatera Barat. Semua gadis di Mentawai akan meruncingkan giginya sebagai simbol kedewasaan. Tradisi ini harus dilakukan oleh semua wanita yang mulai menginjak usia dewasa. Bahkan, gigi runcing tersebut juga menjadi daya tarik pria katanya tampilannya menjadi lebiih cantik.

3.       Tradisi mandi beramai-ramai sebelum bulan Ramadhan, dilakukan oleh masyarakat Riau melalui ritual Balimau Kasai. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan untuk menyucikan diri di sungai Kampar sebagai perwujudan rasa syukur sebelum memasuki bulan Ramadhan. Mandi beramai-ramai ini menggunakan air yang dicampur dengan kasai, air jeruk dan juga wewangian untuk keramas.

4.       Tradisi Atraksi Debus, merupakan tradisi unik yang dilakukan di Banten. Atraksi ini dilakukan dengan sangat mengerikan seperti memakan arang panas, menyayat kulitnya sendiri, hingga serangan senjata tajam pada tubuh mereka. Tradisi ini berdasarkan dari sebuah ilmu yang diturunkan dari nenek moyang daerah Banten.

5.       Tradisi Adu Betis, dilakukan oleh masyarakat Bone Sulawesi Selatan. Tradisi ini dilakukan untuk mensyukuri hasil panen padi mereka. Tradisi turun temurun ini diikuti oleh sejumlah pemuda kampung dan disaksikan langsung oleh warga sekitar.

6.       Tradisi Potong Jari, mungkin terdengar mengerikan namun hal ini dilakukan oleh suku Dani. Potong jari merupakan sebuah tradisi yang dilakukan suku Dani untuk mengungkapkan kesedihan ketika ada salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia. Tradisi ini juga diartikan sebagai simbol kerukunan, kesatuan, dan kekuatan dalam keluarganya.

7.       Tradisi Rambu Solo, dilakukan oleh masyarakat Toraja. Tradisi ini dimaksudkan untuk mengantarkan arwah kerabat yang sudah meninggal dalam menuju alam roh. Bagi masyarakat Toraja, seseorang belum dianggap mati jika belum diantarkan rohnya dengan melakukan upacara rambu solo.

Itulah 7 tradisi unik di Indonesia yang dilakukan sejak masa sejarah.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Tradisi Unik Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...