7 Sungai Terpanjang Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset
Sungai merupakan aliran air yang memiliki banyak fungsi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak hanya berfungsi untuk saluran irigasi namun, sungai juga berfungsi sebagai tempat hidup organisme lainnya. 

Di Indonesia ini terdapat banyak sekali sungai yang tentunya menjadi sumber air penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, sungai di Indonesia juga berfungsi sebagai sarana transportasi terutama bagi sungai terpanjang di Indonesia yang digunakan sebagai pasar dan transportasi daerah.
Berikut adalah 7 sungai terpanjang di Indonesia yang memiliki beragam fungsi dalam kehidupan manusia :

7 Sungai Terpanjang Di Indonesia

1.       Sungai Kapuas, menempati posisi pertama sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Tidak hanya terpanjang sungai ini juga tercatat sebagai sungai terbesar di Indonesia. Kapuas merupakan sungai yang terletak di Kalimantan Barat yang panjangnya mencapai 1.178 km. Didalam sungai ini terdapat lebih dari 700 spesies ikan termasuk ikan-ikan langka yang sulit ditemukan didaerah lain. Selain itu, sungai ini juga berfungsi sebagai jalur transportasi yang menghunungkan antar kabupaten di Kalimantan Barat.

2.       Sungai Barito, tercatat sebagai sungai terpanjang kedua yang ada di Kalimantan Selatan. sungai ini memiliki panjang 909 km yang aliran airnya berasal dari pegunungan Muler dan bermuara hingga di laut Jawa. Sungai ini menjadi salah satu ikon dari kota Banjarmasin dan, menjadi tujuan para wisatawan karena memiliki pemandangan khas dengan sejumlah pepohonan serta banyaknya penduduk yang beraktifitas di sungai ini.

3.       Sungai Musi, adalah sungai terbesar dan terpanjang di Indonesia yang menempati posisi kelima. Sungai ini memiliki panjang 750 km yang membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Diatas sungai Musi terdapat sebuah jembatan yang berhasil menjadi ikon kota Palembang. Jembatan Ampera ini, jalur penghubung yang memudahkan penduduk berpergian tanpa melakukan penyeberangan menggunakan perahu. Selain itu jembatan Ampera juga memiliki desain menarik sehingga membuat banyak wisatawan selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke jembatan tersebut.

4.       Bengawan Solo, merupakan sungai terpanjang yang melintas di provinsi Jawa Timur hingga Jawa Tengah. Sungai ini memiliki panjang mencapai 548,53 km yang memiliki tampilan menarik. Bengawan solo, mempunyai dua hulu yaitu pegunungan Kidul, Wonogiri, Ponorogo, dan juga Gresik.

5.       Sungai Digul, adalah sungai terpanjang di Indonesia yang berada di Papua. Tercatat sebagai sungai terpanjang karena panjangnya mencapai 525 km. Sungai ini mengalir dari pegunungan Maoke dan bermuara di Laut Arafuru.

6.       Sungai Indragiri, merupakan sungai terpanjang yang ada di Riau dengan panjang 500 km. Aliran sungai Indragiri berasal dari dua sungai yaitu sungai ombilin dan sungai sinamar.

7.       Sungai Seruyan, adalah sebuah sungai terpanjang ketujuh yang terletak di Kalimantan Tengah. Tercatat sebagai sungai terpanjang karena alirannya mencapai 350 km.

Itulah 7 sungai terpanjang di Indonesia yang memiliki banyak peranan penting dalam kehidupan.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Sungai Terpanjang Di Indonesia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...