Di dunia ini terdapat banyak sekali sungai yang beberapa diantaranya tercatat sebagai sungai terdalam di dunia. Tidak hanya terpanjang dan terbesar



Sungai, merupakan himpunan air yang mengalir dari sebuah air terjun, danau, ataupun waduk. Di dunia ini terdapat banyak sekali sungai yang beberapa diantaranya tercatat sebagai sungai terdalam di dunia. Tidak hanya terpanjang dan terbesar saja, namun juga tercatat sebagai sungai terdalam dengan aliran yang cukup deras. Sungai-sungai tersebut terletak disejumlah negara yang beberapa diantaranya digunakan sebagai jalur transportasi ataupun tempat wisata karena dikelilingi pemandangan cukup indah.
Berikut adalah 7 sungai terdalam di dunia yang terletak disejumlah negara :

7 Sungai Terdalam Di Dunia

1.       Sungai Kongo, merupakan sungai terdalam di dunia yang dalamnya mencapai 250 m. Sungai ini juga tercatat sebagai salah satu sungai terpanjang yang mencapai 4.690 km. Sungai ini mengalir mulai dari persimpangan sungai Lualaba dan Luvua di pegunungan Altai. Kemudian, sungai ini mengalir hingga ke samudera Atlantik, dan memiliki beberapa anak sungai seperti Aruwini, Kasai, dan juga Lomami.

2.       Sungai Yangtze, menempati posisi kedua sebagai sungai terdalam di dunia. Tercatat sebagai sungai terdalam karena kedalamannya mencapai 200 meter. Yangtze, merupakan salah satu sungai terpanjang di China dan Asia. Kebersihan dan kelestarian disungai sangat dijaga dengan baik karena digunakan sebagai tempat wisata serta pembangkit listrik dan konservasi air di China. Panjang sungai mencapai 6.418 kilometer.

3.       Sungai Danube, merupakan sungai terdalam dengan kedalaman mencapai 178 meter. Sungai ini memiliki panjang mencapai 2.860 kilometer yang mengalir melalui perbatasan sepuluh negara yaitu, Rumania, Serbia, Austria, Bulgaria, Slowakia, Kroasia, Ukraina, dan juga Jerman.

4.       Sungai Zambezi, memiliki kedalaman mencapai 116 meter. Sungai ini merupakan sungai terpanjang keempat yang ada di Afrika dengan aliran sepanjang 2574 kilometer. Selain terdalam, sungai ini dikelilingi dengan berbagai ekosistem hewan. Hutan yang ada dipinggir sungai masih sangat dijaga kelestariannya sehingga banyak orang yang penasaran dengan kondisi alam di sungai Zambezi.

5.       Sungai Hudson, memiliki kedalaman 66 meter yang mengalir mulai dari danau Henderson di Newcomb, New York yang kemudian mengalir keselatan melewari ibukota negara Albany. Hingga akhirnya, sungai membentuk batas antara NewYork City dan negara Amerika New Jersey.

6.       Sungai Saint Lawrence, merupakan sungai dengan kedalaman mencapai 65 meter. Sungai ini mengalir sepanjang 1.197 km. Sungai Saint Lawrence, melintasi Quebec dan Ontarino yang merupakan daerah di Kanada.

7.       Sungai Mississipi, merupakan sungai dengan kedalaman 62 meter. Selain itu, sungai ini juga merupakan sungai terpanjang di dunia yang menempati posisi keempat. Sungai Missisipi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia disekitarnya.

Itulah 7 sungai terdalam di dunia yang menyita perhatian banyak kalangan di dunia ini. Sehingga beberapa diantaranya dijadikan sebagai tempat pariwisata.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...