7 Sungai Terbesar Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset

Sungai merupakan mata air yang mengalir dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Tidak hanya sebagai tempat hidup beberapa ekosistem saja namun, aliran airnya juga bermanfaat untuk kehidupan manusia. 
 
Di Indonesia, terdapat banyak sekali sungai dan setiap kota ataupun desa selalu memiliki sungai yang mengalirkan air untuk berbagai kehidupan disekitarnya. Dari banyaknya sungai yang ada tersebut, membuat beberapa diantaranya tercatat sebagai sungai terbesar di Indonesia dengan aliran hingga berkilo-kilo meter.
Berikut adalah 7 sungai terbesar di Indonesia yang memiliki aliran paling panjang :

7 Sungai Terbesar Di Indonesia

1.       Sungai Kapuas, menempati posisi pertama sebagai sungai terbesar di Indonesia. Sungai Kapuas, memiliki panjang 1.178 km yang terletak di pulau Kalimantan. Sungai ini mengalirkan air dari mata air pegunungan Muller hingga bermuara di selat Karimata. Sungai Kapuas, juga merupakan sungai dengan aliran air bersih karena kelestariannya terjaga dengan hutan hujan tropis dibagian hulu sungai.

Baca >> 7 Sungai Terbesar Di Dunia

2.       Sungai Mahakam, merupakan sungai terbesar yang ada di Kalimantan Timur. Sungai terpanjang ini bermuara di selat Makassar yang panjangnya mencapai 920 km. Sungai Mahakam memiliki peranan penting bagi masyarakat setempat sebagai sumber pengairan, transportasi umum dan juga mengairi lahan perikanan. Sehingga sungai ini memiliki banyak manfaat dalam lingkungan hidup manusia.

3.       Sungai Barito, terletak di Kalimantan Tengah yang menempati posisi ketiga sebagai sungai terbesar di Indonesia. Sungai Barito, berhulu di pegunungan Muller yang mengalirkan air hingga ke laut Jawa. Sungai ini memiliki panjang 909 km dan menjadikannya sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

4.       Sungai Batang Hari, merupakan sungai terbesar keempat yang panjangnya mencapai 800 km. Sungai terbesar ini lebarnya mencapai 650 m yang mengalir dari provinsi Jambi hingga provinsi Sumatera Barat. Sungai ini mengalirkan air dari Gunung Rasan hingga ke laut China Selatan. Sungai Batang Hari, juga disebut sebagai saksi bisu peradaban Melayu seperti kerajaan Sriwijaya dan Dharmasraya.

5.       Sungai Musi, adalah sungai terbesar kelima yang menjadi kon dari kota Palembang, Sumatera Selatan. Sungai Musi, memiliki panjang 750 km yang mengalirkan air dari daerah Kepahiang hingga ke Selat Bangka. Hingga saat ini, Sungai Musi masih digunakan sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat Sumatera Selatan.

6.       Sungai Membramo, adalah sungai terpanjang sekaligus terbesar yang berlokasi di Papua. Sungai Membramo, memiliki panjang 670 km yang menjadikannya sebagai satu-satunya sungai paling panjang di Papua. Didalam sungai ini terdapat berbagai kehidupan yang masih terjaga sehingga sering disebut sebagai Amazonnya Indonesia.

7.       Sungai Bengawan Solo, merupakan sungai terpanjang di pulau Jawa. Sungai ini tercatat sebagai sungai terbesar ketujuh dengan panjang aliran mencapai 548,53 km yang mengalir dari provinsi Jawa Timur hingga Jawa Tengah.

Itulah 7 sungai terbesar di Indonesia yang memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan manusia.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Sungai Terbesar Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...