7 Suku Tertua Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset
Indonesia berhasil menjadi negara merdeka dengan memiliki sejumlah suku bangsa. Dimana, setiap suku yang ada di Indonesia, memiliki struktur sosial yang jelas dan tertata baik sejak masa peradaban kuno. Banyaknya suku yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya tercatat sebagai suku tertua di Indonesia yang terkenal di dunia. Suku-suku tertua ini, memiliki kebudayaan khusus dengan tradisi yang masih terus turun temurun hingga kini.
Berikut adalah 7 suku tertua di Indonesia yang terkenal di dunia :

7 Suku Tertua Di Indonesia

1.       Suku Wajak, menempati posisi pertama sebagai suku tertua di Indonesia. Suku Wajak, mendiami sebuah daerah yang ada di kota Tulungagung, Jawa Timur. Namun, suku ini sudah musnah dan tidak ada yang mengetahui secara jelas tentang sejarah atau seluk beluk dari suku ini. Ditemukan sejumlah fosil, dan setelah diseleksi masuk dalam kategori manusia purba Homo Wajakinsis. Suku ini menghilang secara misterius dan  kini hanya menjadi sebuah legenda di wilayah Tulungagung.

Baca >> 7 Suku Tertua di Dunia

2.       Suku Baduy, menempati posisi kedua sebagai suku tertua yang mendiami daerah Jawa Barat. Menurut cerita yang ada, suku baduy wajib menjaga dan melestarikan alam sekitar. Suku ini tidak pernah menggunakan alas kaki kemanapun mereka pergi. Sampai saat ini suku Baduy masih menyisakan keturunan yang hidup di Lebak Banten.

3.       Suku Jawa, menempati posisi ketiga sebagai suku tertua di Indonesia. Suku Jawa ini, terkenal hingga ke berbagai negara di dunia. Suku ini menyebar secara luas dan hampir semua wilayah di Indonesia dihuni oleh suku Jawa. Hanya saja, jumlah terbesarnya tetap berada di pulau Jawa. Suku Jawa, memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam sehingga membuat banyak orang asing penasaran bahkan turut melestarikan budaya tersebut.

4.       Suku Batak, sudah dikenal keseluruh dunia bahkan di negara Perancis juga terdapat suku Batak. Tidak berbeda jauh dengan suku Jawa, karena suku Batak juga memiliki keanekaragaman budaya yang masih terjaga hingga saat ini.

5.       Suku Melayu, terkenal hingga keberbagai negara bahkan suku ini menyebar hingga ke daerah Eropa. Suku Melayu, memiliki jumlah yang sangat banyak dan pada masa penjajahan suku ini berhasil menyebar ke benua Asia, Eropa, dan juga Afrika.

6.       Suku Betawi, masih dijaga dengan baik oleh masyarakat betawi. Suku Betawi ini mendiami kota Jakarta yang memiliki banyak kebudayaan hingga kesenian, yang sangat menarik.

7.       Suku Papua, dikenal dengan sangat primitif karena masih jarang menggunakan baju. Suku pedalaman Papua kini masih banyak yang menjaga tradisinya mulai dari upacara, hingga kebudayaan yang tidak dimiliki oleh suku lain.

7 suku tertua di Indonesia yang disebutkan diatas, membuat kita merasa bangga betapa indahnya negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya asli.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

1 Response to "7 Suku Tertua Di Indonesia "

Irma Sekarningrum mengatakan...

Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
Explore Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...