7 Masjid Tertua Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset
Masjid tertua di Indonesia merupakan sebuah masjid yang dibangun sejak ratusan tahun lalu. Indonesia yang merupakan negara muslim ini memiliki banyak sekali bangunan masjid mulai dari bangunan tertua hingga bangunan masjid termegah. Beberapa diantaranya juga merupakan masjid peninggalan kerajaan kuno atau peninggalan para wali yang pada saat itu bergerak sebagai penyebar agama islam.
Simaklah berikut 7 masjid tertua di Indonesia yang masih digunakan sampai saat ini :

7 Masjid Tertua Di Indonesia

1.       Masjid Saka Tunggal, merupakan Masjid tertua di Indonesia yang berada di Banyumas. Menempati posisi pertama karena Masjid ini telah dibangun sejak tahun 1228 M. Masjid Saka Tunggal, menjadi satu-satunya masjid dipulau Jawa yang dibangun jauh sebelum munculnya penyiar agama islam atau wali songo. Jadi, masjid ini lebih tua dari kerajaan Majapahit. Menurut sejarahnya, masjid ini berkaitan dengan kesultanan Mataram kuno yang telah melakukan syiar islam  diabad 12 hingga 16 masehi.

2.       Masjid Wapauwe, terletak di kabupaten Maluku yang menempati posisi kedua sebagai masjid tertua di Indonesia. Masjid Wapauwe dibangun sejak tahun 1414 yang dijadikan sebagai situs bersejarah bagi agama Islam. Sampai saat ini, masjid tersebut masih berdiri kokoh dan digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat muslim di daerah Maluku. Meskipun telah dilakukan beberapa kali renovasi, arsitekstur bangunan ini tetap dipertahankan supaya bentuk aslinya tidak hilang.

3.       Masjid Sunan Ampel, terletak di Surabaya Jawa Timur yang telah dibangun sejak tahun 1421. Masjid tertua ketiga ini dibangun dengan arsitekstur jawa kuno dengan nuansa Arab yang sangat kental. Sampai saat ini masjid Sunan Ampel masih digunakan sebagai tempat beribadah bahkan, beberapa umat muslim dari berbagai penjuru datang ke masjid tersebut untuk menyaksikan keaslian arsitekstur jawanya.

4.       Masjid Agung Demak, menempati posisi keempat sebagai masjid tertua di Indonesia. Masjid ini dibangun sejak tahun 1477 yang terletak di desa Kauman Demak Jawa Tengah. Menurut sejarahnya, masjid ini adalah sebuah tempat yang digunakan berkumpul oleh para wali songo untuk membahas penyebaran agama Islam di tanah Jawa.

5.       Masjid Agung Sang Ciptarasa, terletak di Cirebon Jawa Barat yang dibangun sejak tahun 1478. Masjid ini berkaitan erat dengan sunan Gunung Jati sehingga dijadikan tempat bersejarah bagi umat muslim di Indonesia.

6.       Masjid Islamic Center, ternyata juga merupakan masjid tertua di Indonesia yang terletak di Samarinda. Masjid ini memiliki desain yang megah dan interior sangat luas sehingga juga tercatat sebagai masjid terindah dan terbesar di Indonesia.

7.       Masjid Istiqlal, menjadi sebuah masjid terindah dan sudah memiliki usia tua. Masjid ini memiliki desain bangunan modern karena telah dilakukan renovasi hingga beberapa kali.

Itulah 7 Masjid tertua di Indonesia yang masih digunakan hingga saat ini.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Masjid Tertua Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...