7 Letusan Gunung Terdahsyat Di Dunia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Di dunia ini terdapat banyak sekali gunung yang beberapa diantaranya msih berproteksi aktif. Gunung aktif atau berapi bisa saja meletus dan menyebabkan sebuah kehancuran desa dilereng gunung tersebut. Dari sekian kali letusan ternyata, didunia ini terdapat gunung yang menyemburkan letusan sangat dahsyat. Sehingga tercatat sebagai letusan gunung terdahsyat di dunia yang pernah terjadi sepanjang masa sejarah.
Berikut 7 letusan gunung terdahsyat di dunia yang pernah terjadi dibeberapa tahun lalu :

7 Letusan Gunung Terdahsyat Di Dunia

1.       Gunung Toba, merupakan salah satu gunung yang ada di Indonesia. Tercatat sebagai letusan gunung terdahsyat di dunia karena, telah membentuk kaldera setelah mengeluarkan letusan sebanyak 3 kali. Letusan terakhirnya memiliki Explosivity Index tertinggi dan dijuluki sebagai letusan Mega Kolosal. Selain itu juga tercatat sebagai letusan gunung berapi terbesar dalam 25 juta tahun terakhir.

2.       Creek Lava, merupakan gunung yang ada di Amerika Serikat. Letusan terdahsyatnya pernah terjadi pada 640 ribu tahun lalu. Dimana, dalam letusan ini gunung tersebut memuntahkan batu dan abu vulkanik hingga kedaerah yang jauhnya lebih dari 240 km. Hingga akhirnya, desa-desa yang ada dilereng gunung ini menjadi hancur. Namun, meskipun telah menyeburkan letusan terdahsyat gunung ini ternyata masih aktif dan tentunya cukup berbahaya.

3.       Gunung Tambora, terletak di Indonesia tepatnya di kepulauan Sunda. Tercatat sebagai letusan terdahsyat karena pada saat meletus suara ledakannya itu terdengar menggelegar hingga ke pulau Sumatera. Lebih dahsyatnya lagi, ternyata letusan dari gunung itu mengeluarkan sulfur ke stratosfer sehingga menyebabkan penyimpangan iklim global.

4.       Gunung Thera, merupakan salah satu tujuan wisata terkenal yang ada di Yunani. Tercatat sebagai pemilik letusan terdahsyat, karena ketika meletus gunung ini menghancurkan pulau Thera. Semua daerah terkena material mulai dari batu hingga abu vulkanik. Banyak korban jiwa akibat letusan tersebut dan sejak saat itu peradaban Minoa mulai runtuh.

5.       Gunung Pinatubo, terletak di Filipina yang pernah menyemburkan letusan sangat kuat. Akibat letusan yang dahsyat itu, berbagai lokasi di sekitarnya menjadi hancur mulai dari kebun hingga pedesaan yang rusak akibat aliran piroklastik abu dan lahar.

6.       Gunung Krakatau, memiliki letusan terdahsyat yang terjadi pada tahun 1883. Letusan tersebut mengakibatkan 36.000 orang meninggal dunia. Gunung yang terletak di Indonesia ini juga mengeluarkan abu sangat banyak hingga menutupi matahari selama satu tahun. Bahkan, sebaran vulkaniknya mencapai ke New York, Norwegia, dan hampir seluruh daerah di Amerika Serikat.

7.       Gunung Huaynaputina, terletak di Peru yang pernah menyemburkan larva sangat besar. Ledakan terbesarnya itu menyebabkan perubahan iklim disejumlah negara. Pada saat gunung ini meletus, aliran piroklastiknya bergerak 13 km ke timur dan tenggara. Selain itu lumpur vulkaniknya juga menghancurkan desa hingga kepantai samudera Paifik, yang jaraknya 120 km dari gunung tersebut.

Itulah 7 letusan gunung terdahsyat di dunia yang menghancurkan berbagai wilayah disekitarnya.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Letusan Gunung Terdahsyat Di Dunia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...