Terdapat sejumlah daerah yang menjadi kota terpanas di Indonesia karena kondisi alam ataupun lingkungan industri. Polusi dari sebuah perindustrian



Indonesia merupakan negara kepulauan yang bukan berarti tidak memiliki tempat dengan suhu udara terpanas. Terdapat sejumlah daerah yang menjadi kota terpanas di Indonesia karena kondisi alam ataupun lingkungan industri. Polusi dari sebuah perindustrian mampu mencemari udara sehingga suhu ditempat tersebut menjadi sangat panas. Bahkan, banyak penduduk yang selalu mengeluh karena udaranya terlalu panas.
Simak berikut 7 kota terpanas di Indonesia :

7 Kota Terpanas Di Indonesia

1.       Denpasar, menempati posisi pertama sebagai kota terpanas di Indonesia. Pasalnya, cuaca dikota ini mencapai 34 derajat celcius dalam kondisi berawan. Kota wisata yang memiliki banyak keindahan alam ini, memang udaranya sangat panas terlebih disiang hari. Meskipun demikian, kota ini juga tidak pernah sepi karena setiap hari selalu didatangi wisatawan dari berbagai daerah.

2.       Jakarta, menempati posisi kedua sebagai kota terpanas. Perubahan udara panas di kota ini tidak hanya disebabkan oleh kurangnya penghijauan pohon namun, banyaknya industri yang bergerak di kota ini juga menyebabkan polusi sehingga udara beralih menjadi sangat panas. Tercatat sebagai kota terpanas kedua Jakarta memiliki suhu maksimum 33 derajat celcius yang membuat seseorang selalu merasa gerah jika tidak menggunakan kipas angin atau AC.

3.       Balikpapan, merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur yang terletak didekat garis khatulistiwa. Mendekatnya matahari dengan garis equator membuat suhu udara disini seperti membakar kulit. Banyak pekerja diluar ruangan yang mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Sengatan panasnya itu mampu membuat seseorang merasa tidak nyaman. Sehingga para pekerja hanya mampu bertahan hingga pukul 10 saja lantaran sudah tidak kuat lagi dengan panasnya terik matahari dengan suhu mencapai 32,5 derajat celcius.

4.       Samarinda, kota terpanas yang suhunya mencapai 30 derajat celcius. Kota yang ada di Kalimantan Timur, ini mengalami cuaca ekstrem yang sangat mengganggu aktifitas. Sehingga banyak orang pendatang yang kulitnya berubah menjadi hitam lantaran suhu udara disini terlalu panas.

5.       Surabaya, juga menempati posisi kelima sebagai kota terpanas dengan suhu lebih dari 29 derajat celcius. Tidak hanya siang hari saja, bahkan malam hari dikota ini tetap merasa sangat gerah. Polusi yang menyatu dengan udara membuat suhunya semakin meningkat lebih panas dari kondisi normal.

6.       Kota Bogor, ternyata merupakan kota terpanas keenam dengan suhu udara 29 derajat celcius. Disebut sebagai kota hujan namun, ternyata suhunya mengalami perubahan hingga sangat panas.

7.       Kota Sampit, merupakan kota yang terletak di Kalimantan Tengah. Kota ini menjadi salah satu kota terpanas yang suhu udaranya mencapai 32 derajat celcius. Luasnya perkebunan sawit di daerah sampit tidak membuat udaranya semakin sejuk justru menjadi sangat panas.

Itulah 7 kota terpanas di Indonesia yang membuat banyak penduduk merasa tidak nyaman dalam melakukan aktifitas.
Share To:

Post A Comment:

3 comments so far,add yours

Ahyar Ahyar mengatakan...

Pantas saja kulit saya berubah menjadi gelap, lantaran menjadi pendatang di kota samarinda

Lukmanul Hakim mengatakan...

Banjarmasin 33°C

Evilwolf Erfan mengatakan...

hah paling panas 34°c? coba deh ke kupang panasnya bisa sampai 40°c.......

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...