7 Keris Yang Melegenda Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Keris merupakan pusaka legendaris negara Indonesia yang pada zaman dahulu berfungsi sebagai senjata peperangan. Pada masa kerajaan keris merupakan senjata tajam yang sangat bermanfaat dalam menghadapi sebuah peperangan. Bentuk keris juga sangat khas dan di Indonesia juga terdapat jenis yang beragam. Terdapat sejumlah keris tertua di Indonesia yang terus melegenda sepanjang masa.
Berikut adalah 7 keris melegenda di Indonesia yang dibuat oleh para empu dimasa kerajaan kuno :

7 Keris Yang Melegenda Di Indonesia

1.       Keris Mpu Gandring, merupakan keris tertua di Indonesia yang sangat legendaris. Keris ini terkenal dalam cerita berdirinya kerajaan Singhasari Malang Jawa Timur. Keris dari Mpu Gandring ini, terkenal dengan memakan korban dari kalangan elit Singasari termasuk salah satu pemakaiannya yaitu Ken Arok.  Keris legendaris ini dibuat hanya dalam waktu satu malam. Didalam keris tersebut, diisi dengan kekuatan ghaib oleh mpu Gandring sehingga mampu menambah kesaktian dari keris tersebut.

2.       Keris Pusaka Setan Kober, menempati posisi kedua sebagai keris legendaris yang usianya sudah tua. Keris Pusaka ini dibuat oleh Mpu Supo Mandrangi yang mampu membuat keris tersebut dalam waktu singkat. Keris Setan Kober digunakan oleh Arya Penangsang ketika perang dengan Sutawijaya. Keris yang memiliki kekuatan supranatural ini berhasil membunuh Sutawijaya dengan menusuk perutnya ketika Sutawijaya sedang merebut dari Arya Penangsang.

3.       Keris Kyai Sengkelat, menempati posisi ketiga sebagai keris tertua yang legendaris. Keris ini sudah ada sejak abad ke 15 pada masa kerajaan Majapahit yang diperintahkan oleh Prabu Kertabumi atau Brawijaya-V. Menurut sejarahnya, pada saat itu keris Kyai Sengkelat dicuri oleh adipati Blambangan namun berhasil dikembalikan oleh Empu Supa.

4.       Keris Kyai Carubuk, merupakan keris tertua yang hampir sama dengan keris sengkelat. Tidak banyak informasi yang didapatkan secara jelas namun, keris ini terkenal dengan cerita mitosnya. Keris ini, sudah ada sejak abad ke 15 jadi usianya sama dengan keris sengkelat.

5.       Keris Naga Sasra Sabuk Inten, merupakan pusaka peninggalan Raja Majapahit. Dua benda pusaka ini sangat berharga yang dimuseumkan hingga saat ini. Nagasasra merupakan, keris luk 13 dan ada pula yang luknya berjumlah sembilan dan sebelas.

6.       Keris Kanjen Kyai Condong Campur, merupakan keris legendaris yang usianya sudah sangat tua. Keris ini sudah ada sejak kerajaan Majapahit yang melegenda dengan folkor. Keris Kanjen Kyai Condong Campur, memiliki bentuk lurus yang mnggunakan gusen lis-lisan. Konon katanya, keris ini dibuat oleh 100 mpu yang berisi tenaga supranatural.

7.       Keris Kamardikan, merupakan keris yang dibuat pada masa kemerdekaan Indonesia. Keris ini juga disebut sebagai keris dengan konsep baru oleh para seniman.

Itulah 7 keris tertua yang melegenda di Indonesia dan terus dikenal oleh masyarakat.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Keris Yang Melegenda Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...