7 Kerajaan Tertua Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Sepanjang masa sejarah, Indonesia dikenal dengan memiliki banyak kerajaan. Dalam masa peradaban kuno, memang terdapat banyak sekali kerajaan yang pada saat itu ramai berperang dalam memperebutkan sebuah kekuasaan. Dari banyaknya kerajaan yang ada, beberapa diantaranya berhasil tercatat sebagai 7 kerajaan tertua di Indonesia dengan peninggalan yang masih cukup banyak.
Berikut adalah 7 kerajaan tertua di Indonesia yang pernah ada di tanah air :

7 Kerajaan Tertua Di Indonesia

1.       Kerajaan Kandis, menempati posisi pertama sebagai kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan ini telah berdiri sebelum Masehi yang terletak di Sumatera Tengah. Menurut cerita yang ada kerajaan ini dipimpin oleh patih dan temenggung. Dimana, pada masa peradaban itu kerajaan ini berhasil membangun sebuah istana yang cukup megah.

2.       Kerajaan Salakanagara, adalah kerajaan tertua yang ada sejak tahun 130 hingga 362 masehi. Salakanagara merupakan kerajaan pertama yang ada di Jawa Barat dengan menyimpan banyak cerita bersejarah. Pendiri kerjaan ini adalah seorang duta keliling, pedagang, sekaligus perantau dari Pallawa.

3.       Kerajaan Melayu Tua, terletak di Jambi yang sudah ada sejak abad kedua. Kerajaan Melayu memiliki ibukota yang bernama Dharmasraya dan muncul seiring dengan melemahnya kerajaan Sriwijaya usai penyerangan Rajendra Coladewa ditahun 1025. Pada saat itu, kerajaan Melayu membentang cukup luas dari Semenanjung Malaya, Kamboja, Sumatera hingga ke daerah Sunda.

4.       Kerajaan Sekala Brak, muncul pada abad ketiga yang berdiri sebagai kerajaan Hindu. Sekala Brak muncul setelah kedatangan empat empu dari Pagaruyung yang pada saat itu menyebarkan agama islam  kemudian berubah menjadi kepaksian sekala brak. Kerajaan ini terletak di kaki gunung pesagi Lampung yang saat ini telah menjadi bangsa etnis di kota Lampung.

5.       Kerajaan Kutai Martadipura, merupakan kerajaan bercorak Hindu yang memiliki bukti sejarah tertua. Kerajaan ini terletak di Muara Kaman Kalimantan Timur tepat di hulu sungai Mahakam. Tercatat sebagai kerajaan tertua karena Kutai sudah ada sejak 350 masehi dan berdiri sampai 400 masehi.

6.       Kerajaan Tarumanegara, menempati posisi keenam sebagai kerajaan tertua yang sudah ada sejak tahun 358 hingga 66 masehi. Tarumanegara ini merupakan sebuah kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah barat pulau Jawa di abad keempat sampai abad ketujuh. Kerajaan ini meninggalkan artefak disekitar lokasi kerajaan yang membuktikan bahwa kerajaan tersebut beraliran Hindu Wisnu.

7.       Kerajaan Barus, menempati posisi ketujuh karena merupakan kerajaan tertua yang ada di abad ke -6. Kerajaan Barus, menjadi sebuah tanda masuknya agama Islam untuk pertamakalinya yaitu di abad ke 7. Kerajaan ini meninggalkan sebuah jejak dimana, adanya kuburan yang bertuliskan bahasa Arab.

Itulah 7 kerajaan tertua di Indonesia yang pernah ada dalam masa sejarah.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Kerajaan Tertua Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...