7 Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Pada masa sejarah, di Indonesia tidak hanya terdapat kerajaan beraliran hindu saja. Namun, juga terdapat kerajaan islam yang mendiami sejumlah wilayah di negara Indonesia. Dari sejumlah kerajaan islam yang pernah ada, beberapa diantaranya tercatat sebagai kerajaan islam tertua di Indonesia. Kerajaan tersebut terkenal karena telah ada sejak beberapa ratus tahun yang lalu.
Berikut adalah 7 kerajaan islam tertua di Indonesia yang terkenal dengan cerita sejarahnya :

7 Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

1.       Kerajaan Barus, menempati posisi pertama sebagai kerajaan islam tertua di Indonesia. Dimana, kerajaan ini sudah ada sejak abad ke 6. Dalam peninggalan arkeologinya, ditemukan Makam Mahligai dan sebuah kuburan Syeh Rukunuddin dan Syeh Usuludin yang dijadikan sebagai tanda masuknya agama Islam pertama kali ke tanah air. Kuburan tersebut memiliki panjang 7 meter yang dihiasi dengan beberapa batu nisan khas dengan tulisan Arab.

2.       Kerajaan Samudera Pasai, menempati posisi kedua sebagai kerajaan islam tertua. Samudera Pasai, merupakan kerajaan yang terletak di pesisir pantai utara Sumatera. Kerajaan ini, didirikan oleh Marah Silu yang bergelar Sultan Malik as-Saleh sekitar tahun 1267. Sampai saat ini masih tersisa sejumlah bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Samudera Pasai.

3.       Kerajaan Aceh, menempati posisi ketiga sebagai kerajaan islam tertua di Indonesia. Kerajaan ini memiliki kisah yang panjang mulai dari kepemimpinan Sultan Ibrahim, hingga pemerintahan Sultan Iskana muda. Memiliki cerita sejarah yang masih sangat kental membuat kerajaan Aceh dikenal hingga saat ini.

4.       Kerajaan Demak, didirikan oleh seorang adipati Raden Patah. Dimana, pada saat itu kerajaan ini pernah menghadapi Portugis Armada yang dipimpin Pati Unus di selat malaka. Pati Unus, merupakan putra raden Patah yang disebut sebagai Pangeran Sabrang Lor karena berhasil melawan Portugis di selat Malaka.

5.       Pajang, adalah kerajaan islam tertua kelima yang didirkan oleh Adiwijaya. Namun, setelah Adiwijaya meninggal, seharusnya pangeran Benawa yang menduduki tahta Pajang. Tetapi, pada saat itu justru diduduki oleh Arya Pangiri, kesalahan tersebut membuat pangeran Benawa berjuang untuk bisa merebut tahta Pajang yang diduduki oleh Arya Pangiri.

6.       Mataram Islam, kerajaan tertua keenam yang pernah dipimpin oleh Sultan Agung hingga mencapai masa kejayaan. Kerajaan ini merupakan sebuah hadiah kepada Ki Ageng Pamanahan karena sudah berjasa dalam membantu Adiwijaya menaklukan Arya Penangsang.

7.       Cirebon, menempati posisi ketujuh sebagai kerajaan islam tertua di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati, yang dibantu oleh Fatahilah. Kepandaian Fatahilah, mampu meluaskan kerajaan Cirebon meliputi Jakarta dan Pajajaran.

Itulah 7 kerajaan islam tertua di Indonesia yang masih meninggalkan sejumlah prasasti serta bangunan bersejarah.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...