7 Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Kerajaan merupakan sebuah kepemimpinan yang perah ada di Indonesia pada ratusan tahun lalu. Sepanjang masa sejarah, Indonesia memiliki banyak sekali kerajaan baik itu kerajaan islam ataupun kerajaan Hindu. Namun, untuk kali ini kita hanya membahas kerajaan Hindu saja. Dari beberapa kerajaan Hindu yang ada di Indonesia, berhasil tercatat sebagai kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang menyimpan banyak cerita bersejarah.
Berikut adalah 7 kerajaan hindu tertua di Indonesia yang meninggalkan sejumlah bangunan bersejarah :

7 Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia

1.       Kerajaan Salakanagara, merupakan kerajaan hindu tertua di Indonesia yang berada di Jawa Barat. Menurut sejarahnya, kerajaan ini ada sejak 130 hingga 362 masehi. Kerajaan ini menyimpan sejarah yang tinggi sehingga membuat banyak sejarahwan terus menggali informasi secara rinci. Kerajaan ini didirikan oleh Dewawarman yang merupakan duta keliling, sekaligus perantau dari Pallawa, yang pada saat itu menetap di daerah tersebut.

2.       Kerajaan Melayu, adalah sebuah kerajaan hindu yang berdiri di kota Jambi Sumatera. Menurut sejarahnya kerajaan ini menguasi banyak wilayah namun, akhirnya mulai pudar seiring dengan berpindahnya penduduk kerajaan melayu keluar negeri.

3.       Kerajaan Sekala Brak, adalah kerajaan hindu tertua yang menempati posisi ketiga, Kerajaan ini sudah ada sejak abad ke 3 yang terbentuk di kaki gunung pesagi atau gunung tertinggi di Lampung. Kerajaan Sekala Brak Hindu ini disebut sebagai cikal bakal suku bangsa etnis di kota Lampung.

4.       Kerajaan Kutai Martadipura, menempati posisi keempat sebagai kerajaan hindu tertua yang ada sejak 350 masehi. Kerajaan Kutai, terletak di Kalimantan Timur yang berada di hulu sungai Mahakam. Kerajaan ini cukup besar yang menguasai wilayah Kalimantan Timur. Keberadaan kerajaan Kutai inilah, yang akhirnya berhasil menyebarkan ajaran agama hindu di pulau Kalimantan.

5.       Kerajaan Tarumanegara, merupakan kerajaan hindu tertua yang ada sejak 358 hingga 669 masehi. Kerajaan hindu ini, juga pernah berkuasa du wilayah pulau jawa dari abad 4 hingga abad ke 7. Dalam sejarahnya, kerajaan Tarumanegara ini menganut aliran hindu wisnu. Bukti kuat bahwa kerajaan ini beraliran hindu adalah adanya 7 batu prasasti yang ditemukan disekitar kerajaan.

6.       Kerajaan Kalingga, menempati posisi keenam sebagai kerajaan hindu tertua yang ada sejak abad ke-6 masehi. Kalingga pernah diperintahkan oleh Ratu Shima yang dikenal dengan memiliki peraturan cukup sadis. Dimana, siapapun yang melakukan pencurian, tangannya akan dipotong dengan menggunakan benda tajam.

7.       Kerajaan Kanjuruhan, merupakan sebuah kerajaan hindu di Jawa Timur yang berdiri sejak abad ke -6. Kerajaan ini meninggalkan bangunan berserajah yang masih terkenal sampai saat ini yaitu candi Badut dan candi Wuyung.

Itulah 7 kerajaan hindu tertua di Indonesia yang meninggalkan banyak benda bersejarah.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...