sebagai media penyeberangan. Dari banyaknya jembatan tersebut, beberapa diantaranya berhasil tercatat sebagai jembatan terpanjang di Indonesia



Jembatan adalah bangunan satu struktur yang dibuat untuk menyeberangi sungai ataupun jurang. Secara garis besar, jembatan didefinisikan sebagai jalan lalu lintas penghubung yang aman karena dilengkapi dengan sejumlah keamanan mulai dari pagar disamping kiri kanannya dan juga kekuatan dari jembatan itu sendiri. Di Indonesia, terdapat banyak sekali jembatan yang masing-masig memiliki fungsi sama sebagai media penyeberangan. Dari banyaknya jembatan tersebut, beberapa diantaranya berhasil tercatat sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.
Berikut adalah 7 jembatan terpanjang di Indonesia yang sudah dibangun sejak belasan tahun lalu :
7 Jembatan Terpanjang di Indonesia

1.       Jembatan Suramadu, menduduki posisi pertama sebagai jembatan terpanjang di Indonesia. Tercatat sebagai jembatan terpanjang karena panjang jembatan ini mencapai 5.438 m. Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura. Jembatan ini memiliki lebar 30 m dan ternyata juga tercatat sebagai jembatan terpanjang ketiga di Asia Tenggara.

2.       Jembatan Pasupati, adalah jembatan terpanjang kedua yang panjangnya mencapai 2.147 m. Jembatan ini terletak di kota Bandung yang menjadi kon baru dari kota Paris Van Java. Kota Bandung menjadi lebih menarik karena banyak wisatawan daerah yang tertarik untuk mengunjungi jembatan Pasupati.

3.       Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, merupakan jembatan terpanjang ketiga yang terletak di ibukota provinsi Riau. Jembatan ini memiliki panjang 1196 m yang menjadi salah satu ikon dari kota Riau. Salah satu hal yang menarik dari jembatan ini adalah adanya sebuah restoran disalah satu puncak tiang. Sehingga jembatan tersebut selalu ramai lalu lintas salah satunya masyarakat yang ingin menikmati pemandangan kota Riau dari dalam restoran di puncak jembatan tersebut.

4.       Jembatan Ampera, menempati posisi keempat dengan panjang mencapai 1.117 m. Jembatan Ampera terletak di Palembang Sumatera selatan yang berdiri diatas sungai Musi. Jembatan ini berfungsi sebagai sarana transportasi sehingga selalu diramaikan kendaraan selama 24 jam.

5.       Jembatan Barito, merupakan jembatan yang membentang diatas sungai Barito dengan panjang mencapai 1082 m. Jembatan ini terletak di Banjarmasin Kalimantan selatan dengan ketinggian 18 meter dari permukaan air sungai.

6.       Jembatan Mahulu, adalah jembatan terpanjang keenam yang panjangnya mencapai 789 m. Jembatan terpanjang ini terletak diatas sungai Mahakam Samarinda. Jembatan Mahulu, menghubungkan Samarinda dengan Samarinda Seberang yang memiliki tinggi 18 m dari permukaan air sungai.

7.       Jembatan Rumpiang, terletak di Banjarmasin yang berfungsi untuk menyeberangi sungai Barito. Jembatan ini menghubungkan kota Banjarmasin dengan Muarabahan dengan menggunakan konstruksi baja melengkung di bagian tengahnya.

Itulah ke 7 jembatan terpanjang di Indonesia yang berfungsi sebagai sarana transportasi. Dalam pembangunannya dibutuhkan biaya hingga milyaran rupiah dan mengutamakan keamanan pada bangunan jembatan tersebut.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...