7 Gurun Pasir Terluas Di Dunia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset

Gurun merupakan suatu daerah yang memiliki curah hujan sangat sedikit. Dalam satu satu hujan di gurun pasir hanya 250 mm. Sehingga gurun pasir seringkali disebut sebagai padang luas yang dan tandus karena sulit untuk mendapatkan air di tempat ini. Bahkan tidak ada kehidupan di gurun pasir hanya beberapa jenis pohon dan binatang tertentu yang mampu bertahan hidup di gurun pasir.
 Berikut 7 gurun pasir terluas di dunia yang terkenal sepanjang waktu :
7 Gurun Pasir Terluas Di Dunia

1.       Gurun Sahara, merupakan gurun pasir terluas di dunia yang terletak di Afrika. Dikatakan sebagai gunung terluas karena tempat ini luasnya mencapai 9.100.000 km persegi. Gurun pasir ini sudah berusia 2,5 juta tahun yang membentang dari Samudera Atlantik ke laut Merah. Gurun Sahara membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika selatan yang keduanya memiliki iklim berbeda.

2.       Gurun Arabian, merupakan padang pasir yang luasnya mencapai 2.330 km persegi. Gurun ini terbentang dari Yaman ke teluk Persia dan Oman meliputi Yordania dan Irak. Secara garis besar gurun ini terletak di Semenanjung Arab sehingga disebut dengan Gurun Arabian.

3.       Gurun Godi, merupakan gurun pasir terluas di dunia ketiga dan merupakan gurun terbesar di China dengan luas 1.300.000 km persegi. Gurun ini terletak dibagian Mongolia dengan cekungan padang pasir yang dibatasi oleh pegunungan Altai serta padang rumput Mongolia tepat di sebelah utara gurun tersebut. Selain itu juga terdapat dataran Cina utara yang berada disebelah tenggara gurun Gobi. Kawasan ini terdiri dari kawasan geografis dan ekologis yang terlihat unik, karena didasarkan pada perbedaan iklim dan juga topografi dari kawasan ini.

4.       Gurun Pantagonian, sering dikenal sebagai stepa Pantogonia. Dimana, kawasan ini merupakan padang pasir terbesar di Amerika yang luasnya 673.000 km persegi. Gurun ini terletak di Argentina dengan beberapa bagian kecil di Chili serta dibatasi oleh Andes, di barat dan juga Samudera Atlantik di Argentina Selatan.

5.       Great Victoria Desert, adalah gurun pasir terluas yang terletak di Australia. Gurun ini memiliki luas hingga 700 km yang terbagi menjadi beberapa wilayah. Dimana, 424.000 km terdiri dari wilayah ladang emas dan pegunungan glawer disebelah timur pegunungan Australia.

6.       Thar Desert, gurun pasir terbesar di India dengan luas mencapai 200.000 km persegi. Gurun ini menjadi padang pasir subtropis 9 terbesar di dunia. Gurun ini berada di India yang meluas hingga bagian selatan negara ini.

7.       Gurun Takla Makan, merupakan gurun pasir dengan luas 480 ribu km persegi. Gurun ini berbatasan dengan pegunungan Kunlun di selatan serta dibagian utara berbatasan dengan pegunungan Pamir dan Tian Shan.

Itulah 7 gurun pasir terbesar di dunia yang usianya sudah beratus–ratus juta tahun lalu. Sehingga gurun ini terkenal hingga seluruh dunia.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Gurun Pasir Terluas Di Dunia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...