7 Gereja Tertua Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Gereja merupakan tempat ibadah umat Kristen. Di Indonesia terdapat banyak Gereja yang beberapa diantaranya telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Sehingga, beberapa diantaranya diklasifikasikan sebagai gereja tertua di Indonesia. Gereja – gereja tua itu, masih digunakan untuk beribadah bagi umat Kristen. Gereja ini, dianggap sebagai gereja bersejarah dalam penyebaran agama kristen di nusantara.
Berikut adalah 7 gereja tertua di Indonesia yang terletak disejumlah provinsi :

7 Gereja Tertua Di Indonesia

1.       Gereja Katedral Jakarta, menempati posisi pertama sebagai Gereja tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1901. Gereja Katedral, dibangun dengan arsitekstur neo-gotik dari Eropa. Bangunan ini telah dibuat sejak berabad-abad tahun lalu dan masih berdiri kokoh sampai saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman, gereja tersebut akhirnya mengalami renovasi sehingga menjadi gereja Katedral yang seperti saat ini.

2.       Gereja Katedral Bogor, merupakan gereja tertua kedua yang awalnya merupakan Paroki Bogor dan termasuk dalam wilayah Prefektur Apostolik Sukabumi. Bersamaan dengan berubahnya status Prafektur Apostolik Sukabumi menjadi Keuskupan akhirnya gereja tersebut berubah nama menjadi Keuskupan Bogor. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, namanya berubah menjadi Gereja Katedral Keuskupan Bogor.

3.       Gereja Katedral Bandung, menempati posisi ketiga sebagai gereja tertua di Indonesia. Bangunan ini dirancang oleh Ir. Charles Proper Wolf Schoemaker yang bergaya arsitekstur neo-Gothic. Gereja ini berdiri diatas lahan yang luasnya 2.395 m persegi dengan bangunan seluas 785 m persegi. Gereja yang berdiri di tahun 1895 ini awalnya di beri nama St. Franciscus Regis, namun kemudian diubah dan dilakukan renovasi menjadi lebih baik lagi.

4.       Gereja Immanuel, merupakan gereja tertua keempat yang dibangun berdasarkan kesepakatan antara umat Reformasi dan Umat Lutheran di Batavia. Gereja ini dibangun pada awal tahun 1834 yang didesain oleh J.H Horst. Gereja ini memiliki gaya bangunan klasisisme yang bercorak bundar diatas fondasi 3 meter. Serambi-serambi dibagian utara dan selatan mengikuti bentuk bundar dari gereja yang terlihat konsentrik. Melalui konstruksi ini sinar matahari mampu menerangi seluruh ruangan dengan merata.

5.       Gereja Sion, menempati posisi kelima sebagai gereja tertua di Indonesia. Gereja ini memiliki desain bangunan yang megah dan masih sangat kokoh. Gereja ini juga tercatat sebagai bangunan tertua di Jakarta yang dilindungi pemerintah dan masih menjadi tempat beribadah bagi umat kristen.

6.       Gereja Tugu, merupakan salah satu gereja tertua yang terletak di kampung Tuhu Jakarta Utara. Sampai saat ini, gereja Tugu masih berdiri dan difungsikan sebagai GPIB Tugu meskipun diberbagai sudut bangunannya sudah mulai rusak.

7.       GPIB Priel Pasar Baru, terletak di Jakarta yang merupakan gereja peninggalan zaman kolonial di Indonesia. Arsitekstur bangunan gereja ini cukup unik, dimana pada bagian atapnya diletakkan sebuah petunjuk arah angin yang dibuat berbentuk ayam sehingga sering disebut sebagai gereja ayam.

Itulah 7 gereja tertua di Indonesia yang masih digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat kristen.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Gereja Tertua Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...