7 Danau Terbesar Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Danau merupakan bendungan air yang terbentuk secara alami. Danu terbentuk dari cekungan besar yang digenangi oleh air baik tawar ataupun asin dan, cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Ukuran cekungan tersebut akan menentukan volume air yang menggenanginya. Di Indonesia terdapat banyak sekali danau dan beberapa diantaranya berhasil tercatat sebagai danau terbesar di Indonesia, yang memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan.

7 Danau Terbesar Di Indonesia

1.       Danau Toba, merupakan danau terbesar di Indonesia yang menempati posisi pertama. Danau ini terletak di Sumatera Utara dan merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Luas permukaan danau ini mencapai 1.130 km persegi yang volume airnya mencapai 240 km kubik. Danau terbesar ini juga memiliki sebuah pulau yaitu pulau Samosir. Danau ini, menjadi tempat wisata terkenal di pulau Sumatera sehingga membuat banyak wisatawan selalu berkunjung ke danau ini.

2.       Danau Ranau, terletak di Sumatera Selatan yang merupakan danau terbesar kedua dengan jumlah volume air cukup tinggi. Ranau, juga merupakan danau vulkanik yang terletak di kabupaten Lampung barat. Berada di ketinggian 540 meter, dengan luas permukaan mencapai 125.9 km persegi. Danau ini memiliki kedalaman maksimal 229 m dan volume airnya mencapai 21,95 km kubik.

3.       Danau Singkarak, terletak di Sumatera Barat yang merupakan danau tektonik. Danau terbesar ketiga ini memiliki luas permukaan mencapai 107,8 km persegi yang kedalamannya mencapai 268 m. Danau ini memiliki volume air 16,1 km kubik.

4.       Danau Towuti, merupakan danau terbesar yang ada di Sulawesi Selatan tepat di kabupaten Luwu Timur. Danau terbesar ini memiliki luas permukaan yang mencapai 561 km persegi dengan kedalaman maksimal 203 meter.

5.       Danau Matano, merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sulawesi Selatan. Danau ini merupakan danau paling dalam di Indonesia, bahkan berada di urutan ke-11 dalam daftar danau terdalam di dunia dengan panjang 590 meter. Tercatat sebagai danau terbesar karena memiliki luas permukaan mencapai 164km persegi.

6.       Danau Maninjau, adalah danau tektonik yang terletak di kabupaten Agam Sumatera Barat di ketinggian 459 m. Danau ini memiliki kedalaman maksimal 165 m dengan volume  air 10,4 km kubik. Danau ini memiliki luas permukaan 99,5 km persegi.

7.       Danau Poso, menempati posisi ketujuh sebagai danau terbesar di Indonesia. Danau poso, adalah sebuah danau tektonik yang terletak di kabupaten Poso Sulawesi Tengah. Danau ini memiliki luas permukaan 323 km persegi dengan kedalaman 450 m yang volume airnya mencapai 0.216 km kubik.

Itulah 7 danau terbesar di Indonesia yang terbentuk secara alami dengan sejumlah manfaat bagi kehidupan.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Danau Terbesar Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...