7 Candi Tertua Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Candi merupakan bangunan bersejarah peninggalan dari masa kerajaan. Pada masa peradaban kuno, memang terdapat banyak kerajaan yang sebagian besar memiliki candi sebagai bangunan khusus mereka. Dari banyaknya candi yang ada di Indonesia beberapa diantaranya tercatat sebagai, candi tertua di Indonesia yang sampai saat ini masih dijaga dengan baik dan dijadikan sebagai tempat wisata bersejarah bagi masyarakat Indonesia.
Bagi anda yang suka mempelajari tentang peninggalan masa sejarah, simaklah ulasan tentang 7 candi tertua di Indonesia berikut ini :

7 Candi Tertua Di Indonesia

1.       Candi Sukuh, menempati posisi pertama sebagai candi tertua di Indonesia. Candi ini merupakan sebuah komplek candi agama Hindu yang terletak di Karanganyat Jawa Tengah. Candi Sukuh, merupakan candi peninggalan kerajaan Majapahit yang digolongkan kontroversial karena bentuknya tidak lazim dengan banyaknya objek Lingga dan Yoni, yang melambangkan seksualitas.

2.       Candi Cetho, juga merupakan candi hindu yang ada sejak abad ke 15. Candi ini juga terletak di Karanganyar Jawa Tengah yang berada pada ketinggian 1400 m dpl. Candi tersebut dijadikan situs bersejarah karena juga merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.

3.       Candi Jabung, adalah candi Hindu yang terletak di Paiton Probolinggo Jawa Timur. Candi ini terbuat dari tatanan bata merah yang mampu bertahan hingga saat ini. Dalam kitab Negarakertagama, menjelaskan bahwa candi Jabung dikunjung oleh Raja Hayam Wuruk di tahun 1359 masehi.

4.       Candi Brahu, merupakan candi tertua yang berasal dari kata Wrahu. Pada penemuan candi ini juga ditemukan sebuah prasasti yang menjelaskan tentang keterkaitan nama Wrahu dengan Brahu. Candi ini terletak di Trowulan Mojokerto Jawa Timur. Pada masa kerajaan Majapahit, candi ini digunakan sebagai tempat pembakaran mayat sehingga candi ini disebut sebagai bangunan suci karena menjadi tempat penyucian seseorang yang telah meninggal dunia.

5.       Candi Sewu, menempati posisi kelima sebagai candi tertua. Candi ini berada didalam kompleks candi Prambanan  dan merupakan kompleks candi Budha terbesar dalam masa sejarah. Menurut cerita yang ada, candi ini dibuat sebanyak 999 sehingga disebut dengan candi sewu atau jika dalam bahasa Indonesia berarti seribu. Candi ini dibuat oleh tokoh sakti Bandung Bondowoso sebagai syarat untuk menjadi suami Dewi Roro Jonggrang dan hanya dibuat dalam waktu satu malam.

6.       Candi Mendut, merupakan candi Budha yang terletak di Jawa Tengah. Candi ini didirikan pada masa pemerintahan prabu Saylendra pada tahun 824 masehi, dan berhasil tercatat sebagai candi tertua di Indonesia.

7.       Candi Prambanan, merupakan candi terbesar agama Hindu yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Candi Prambanan ini memiliki 3 halaman, dimana halaman pertamanya berdenah bujur sangkar, dan terdapat 3 candi utama yang menggambarkan wisnu dan brahmana.

Itulah 7 candi tertua di Indonesia yang dijadikan sebagai situs bersejarah dan warisan dunia.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Candi Tertua Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...