7 Bendungan Terbesar Di Indonesia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Bendungan, merupakan sebuah kolam yang ukurannya sangat besar dan memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia. Bendungan ini sengaja dibangun untuk menyimpan air dan air tersebut akan dimanfaatkan bagi sejumlah hal dalam kehidupan. Mulai dari air irigasi hingga digunakan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Di Indonesia terdapat banyak sekali bendungan yang dimanfaatkan sebagai PLTA. Dari bendungan tersebut beberapa diantaranya berhasil tercatat sebagai bendungan terbesar di Indonesia.
Berikut adalah 7 bendungan terbesar di Indonesia yang terletak disejumlah provinsi :

7 Bendungan Terbesar Di Indonesia

1.       Bendungan Jatiluhur, menempati posisi pertama sebagai bendungan terbesar di Indonesia. Jatiluhur adalah bendungan yang terletak di 100 km ke tenggara dari kota Jakarta. Bendungan ini juga disebut sebagai bendungan, Ir. Juanda yang telah dibangun sejak tahun 1957. Masuk dalam nominasi bendungan terbesar karena Jatiluhur mampu menyediakan air dalam jumlah banyak dan mampu mengairi lahan persawahan hingga 242 ribu hektar.

2.       Bendungan Karangkates, adalah bendungan terbesar kedua yang ada di Malang Jawa Timur. Bendungan Karangkates ini, mendapatkan air dari sungai brantas yang telah dibangun dari tahun 1975 hingga 1977 dengan jumlah dana 10 milyar rupiah. Bendungan ini dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).  Selain itu bendungan ini juga menjadi tempat wisata bagi warga daerah Malang dan sekitarnya.

3.       Bendungan Sigura-gura, menempati posisi ketiga sebagai bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan ini terletak di Sumatera Utara tepat di 23,3 km dari danau toba. Bendungan Sigura-gura berfungsi untuk menjamin ketersediaan volume air dan besarnya energi air, yang dibutuhkan bagi pembangkit tenaga listrik di PLTA Sigura-gura. Bendungan ini mulai dibangun pada tahun 1978 dan diresmikan pada tahun 1981. Bendungan Sigura-gura mampu menghasilkan daya 1868 GWH/tahun.

4.       Bendungan Batutegi, terletak di Lampung yang dibangun dari dana APBN srta bantuan Japan Bank for International Cooperation. Bendungan Batutegi, difungsikan sebagai pembangkit listrik dan juga penyedia bahan baku untuk air minum daerah kota Bandar Lampung.

5.       Bendungan Gajah Mungkur, adalah sebuah bendungan terbesar di Wonogiri Jawa Tengah. Perairan dari bendungan ini berasal dari sungai bengawan Solo yang mulai dibangun pada akhir tahun 1970 an. Bendungan Gajah Mungkur digunakan sebagai PLTA yang mampu menghasilkan daya 12,4 MegaWatt / tahun.

6.       Bendungan Wonorejo, terletak di kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Bendungan ini terletak 12 km dari pusat kota. Bendungan Wonorejo, memiliki kapasitas 122 juta meter kubik yang berfungsi sebagai PLTA dan sumber air minum di provinsi Jawa Timur.

7.       Bendungan Riam Kanan, terletak di Kalimantan Selatan yang dibangun sejak tahun 1973. Bendungan ini dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik untuk masyarakat Kalimantan Selatan.

Itulah 7 bendungan terbesar di Indonesia yang masing-masing difungsikan sebagai pembangkit tenaga listrik air.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Bendungan Terbesar Di Indonesia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...