7 Sungai Terpanjang Di Dunia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Dibelahan bumi, terdapat sejumlah sungai yang panjangnya luar biasa. Dari panjangnya tersebut sungai – sungai itu masuk dalam catatan sungai terpanjang di dunia. Sungai – sungai itu mengaliri sejumlah daerah bahkan negara karena saking panjangnya. Aliran sungai dengan debit air yang banyak membuat sungai tersebut memiliki beragam manfaat dalam kehidupan manusia. Mungkin yang sangat terkenal sebagai sungai terpanjang adalah nil karena mengaliri lebih dari 9 negara di benua Afrika. Terlebih dengan aliran sungai nil mampu membuat tanah disekitar aliran menjadi lebih subur. 

Berikut 7 sungai terpanjang di dunia yang hingga saat ini masih dimanfaatkan untuk berbagai akses kehidupan manusia ;
 
7 Sungai Terpanjang Di Dunia
Sungai Nil
1.       Sungai Nil, merupakan sungai terpanjang yang mencapai 6,650 km per 4,132 mill. Sungai Nil memiliki banyak sumber air yang menyediakan primer dan menjadi arteri hidup bagi negara – negara hilir seperti Sudan ataupun Mesir. Sungai Internasional ini juga memiliki dua bagian yaitu sungai Nil putih dan sungai Nil biru. Sungai Nil putih memiliki panjang dan naik wiliayah danau Bsar Afrika Tengah dan mengalir melalui Tanzania, hingga Sudan Selatan. Sementara sungai Nil biru mampu membuat tanah disekitar aliran menjadi lebih subur.

2.       Sungai Amazon, menjadi sungai terpanjang didunia yang kedua dengan panjang mencapai 6,400 km/ 3,976 mil. Sungai ini berada di Amerika Selatan dan debit airnya lebih besar dari sungai Nil hanya saja lebih panjang sungai nil daripada sungai ini.

3.       Sungai Yangtze, sungai terpanjang di Asia yang mencapai 6300 km . 3917 mil. sungai ini mengalir dari gletser atau dataran tinggi Qianhi – Tibet menuju Qianhi barat daya dan kearah timur tengah negara China.

4.       Sungai Missisipi, sungai terpanjang di dunia yang mencapai 6275 km per 3902 mil . Sungai ini mengalir di dua provinsi Kanada an antara Rocky serta pegunungan Appalachin. Dengan alirannya yang cukup luas membuat sungai ini terpredikat sebagai sungai terpanjang di dunia keempat.

5.       Sungai Yenisei, sungai dengan panjang 5,539 km per 3,445 mil yang bermuara di samudra Artic serta merupakan sungai terbesar di Siberia.

6.       Yellow River, merupakan sungai terpanjang di China yang memiliki panjang mencapai 5,464 km per 3395 mil. Sungai kuning mengalir melalui 9 provinsi yang bermuara di Laut Bohai di provinsi Shandong. Yellow River ini memiliki daerah cekungan dengan jumlah total 742.443 km persegi.

7.       Sungai Ob, adalah sungai terbesar pertama di daerah Siberia bagian barat. Sungai ini juga bermuara di samudera Artctic sama dengan sungai Yenisei.

Itulah 7 sungai terpanjang di dunia yang tercatat di dalam Guiness book of the record world dan aliran dari sungai – sungai tersebut memilii beragam manfaat dalam kehidupan.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Sungai Terpanjang Di Dunia "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...