7 Peradaban Tertua di Dunia Yang Hilang Secara Misterius

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Sepanjang sejarah masa kehidupan manusia dialam bumi, menyimpan ratusan cerita peradaban kuno. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, peradaban–peradaban kuno itu kian terkikis bahkan kini sudah lenyap secara misterius. Kelenyapan suatu peradapan bisa disebabkan dari kematian, invasi, ataupun bencana. Hilangnya peradaban tertua di dunia beberapa tahun lalu ternyata membuat sejumlah peneliti merasa bingung karena sangat misterius dan begitu cepat.
Berikut 7 peradaban tertua di dunia yang secara tiba–tiba hilang tanpa jejak :

7 Peradaban Tertua di Dunia Yang Hilang Secara Misterius

1.       Puebloans Olmec, salah satu peradaban yang mendiami dataran rendah tropis bagian selatan Meksiko. Peradaban ini sangat bergantung dengan perdagangan baik antar wilayah Olmec dengan wilayah lainnya. Namun, peradaban tertua ini sudah lenyap sekitar 400 SM lalu. Pada saat itu hampir separo dari wilayah ini sudah tidak berpenguhi akibat perubahan lingkungan. Karena, aktifitas gunung berapi yang mengancam nyawa mereka. Sejak saat itulah peradaban ini hilang.

2.       Peradaban Nabatean, atau para Nabatean yang merupakan budaya semitik dan dihuni dari Yordania Kanaan dan juga Arab sejak abad keenam SM. Peradaban ini banyak dikenal sebagai pembangun kota Petra yang menjadi pusat kota mereka pada masa itu. Pada zaman dahulu Petra merupakan suatu kota yang sangat mengesankan karena dipahat dari sisi tebing dengan mahkota pemata. Namun, selama abad keempat Petra ditinggalkan Nabaten dan tidak ada yang mengetahui apa penyebabnya.

3.       Kekaisaran Aksumite, adalah peradaban yang sudah ada sejak abad pertama Masehi. Pada masa itu, Akseum menjadi pusat perdagangan utama dengan ekspor hasil pertanian dan emas untuk seluruh jaringan perdagangan laut merah dan ke Kaisaran Rowi untuk dikirim ke India. Budaya Aksumite hilang lantaran Ratu Yahudi yang mengalahkan kekaisaran Aksumite membakar gereja dan sastra di kota Aksum.

4.       Mycenaeans, peradaban yang lahir sekitar 1600 SM di Yunani selatan. Peradaban ini menguasai sejumlah kota besar di Yunani namun tidak lama kemudian, budayanya hilang dengan tiba–tiba. Terjadinya gangguan pada rute perdagangan serta adanya bencana gempa bumi membuat peradaban ini berimigrasi ke daerah lain. Sejak adanya kerusuhan itulah daerah ini tidak berpenghuni lagi.

5.       Kerajaan Khmer, merupakan peradaban dari kerajaan Chenla yang ada sekitar abad ke 9 Masehi serta menjadi kerajaan paling kuat di Asia Tenggara. Budaya Khmer termasuk peradaban sangat kuat dan terbuka untuk sejumlah sistem kepercayaan termasuk Hindu dan juga Buddha Mahayana. Peradaban ini hilang karena sejumlah faktor salah satunya adalah perubahan raja yang mengajarkan pencerahan diri sehingga membuat pemerintah tertantang.

6.       Budaya Cucuteni, adalah peradan di Ukraina dan Rusia yang membangun pemukiman neolitik terbesar di Eropa. Namun, peradaban ini hilang karena perubahan iklim yang dramatis dan bis amenyebabkan kekeringan terburuk dalam sejarah Eropa sehingga membuat mereka gagal panen.

7.       Clovis, budaya prasejarah orang Amerika Asli sejak 10.000 SM. Terjadinya penurunan megafauna dan mobilitas budaya yang membuat peradaban terpecah belah sehingga semua penduduknya meninggalkan Clovis.

7 peradaban tertua di dunia kini hanya tinggal cerita saja yang tercatat sepanjang masa sejarah.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Peradaban Tertua di Dunia Yang Hilang Secara Misterius"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...