7 Bendungan Terbesar Di Dunia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Bendungan terbesar di dunia merupakan suatu bendungan yang pernah dibuat manusia dengan ukuran sangat luas. Bendungan adalah kontruksi yang dibangun dengan tujuan untuk mengahan laju air dan bangunan tersebut dijadikan sebagai danau,  ataupun waduk yang menjadi suatu tempat rekreasi. Tidak hanya itu, bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah pembangkit listrik tenaga air. Sehingga semakin besar ukuran bendungan tersebut maka akan semakin banyak pula manfaatnya. Berikut adalah 7 bendungan terbesar di dunia.
 
7 Bendungan Terbesar Di Dunia
Bendungan Volta
1.       Bendungan Volta, merupakan bendungan yang dijadikan sebagai danau dengan luas 8520 km2. Terletak di Ghana yang juga termasuk danau buatan manusia terbesar di dunia ke empat. Bendungan ini dbangun oleh ahli geologi Albert Ernest pada tahun 1915.

2.       Smallwood, bendungan terbesar kedua dengan luas 6527 persegi yang terletak di Kanada tepatnya di sebelah barat Labrador. Tidak hanya sebagai bendungan terbesar di dunia namun, juga merupakan sumber air terbesar di daerah tersebut sekaligus menjadi sumber dari sungai Churchill.

3.       Kujbysevskoe, danau terbesar ketiga dengan luas 6450km yang berada di negara Rusia. Danau buatan manusia terletak disepanjang sungai volga yang panjangnya lebih dari 400km.

4.       Kariba, danau dengan luas 5580 km persegi yang letaknya diantara Zimbabwe dan Zambia. Bendungan terbesar keempat ini dijadikan sebagai sumber air didaerah tersebut yang memiliki 88 tanggul dengan panjang 64km. Bendungan ini memiliki air yang jernih terlebih desain bangunannya juga menarik.

5.       Bukhtarma, bendungan yang dijadikan sebagai danau. Danau ini memiliki luas 5490 km persegi yang terletak di Kazakhstan. Bendungan ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air atau PLTA sejak tahun 1960 silam. Selain itu bendungan ini dijadikan sebagai tempat rekreasi yang dilengkapi perahu kecil serta tempat memancing. Disekitar danau ini terlihat pemandangan yang eksotis sehingga sering dijadikan pilihan untuk mencari kedamaian.

6.       Bratskoe, bendungan yang berada dibagian atas sungai Angara. Bratskoe berada di negara Rusia dengan luas 5470. Bendungan buatan manusia ini dimanfaatkan untuk air irigasi para petani didaerah tersebut. Bangunan yang dibuat untuk menahan aliran deras air ini sudah dibangun sejak tahun 1967 lalu.

7.       Nasser atau Nubia, bendungan terbesar ke 7 yang ada di Mesir dan Sudan. Kontruksi bangunan ini dibuat antara tahun 1958 hingga 1971. Luasnya 5248 km persegi yang disekelilingnya terlihat pemandangan padang pasir khas negara Mesir.

Itulah 7 bendungan terbesar di dunia yang masing – masing memiliki fungsi untuk kehidupan manusia disekitarnya. Selain sebagai pembangkit tenaga listrik, sejumlah bendungan juga dijadikan sebagai tempat rekreasi lantara luasnya yang hampir sama dengan danau buatan alam.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Bendungan Terbesar Di Dunia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...