7 Bahasa Tertua Di Dunia

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset

Bahasa merupakan alat komunikasi yang berupa sistem lambang bunyi dan dihasilkan dari beberapa kata dengan arti berbeda. Setiap negara memiliki bahasa sendiri–sendiri yang disebut sebagai bahasa nasional dari negara tersebut. Berbahasa, artinya berbicara dengan kata–kata yang terus berkesinambungan maknanya dan tersusun secara alfabetis. 

Dari berbagai negara di dunia terdapat bahasa–bahasa yang sudah digunakan sejak jaman sejarah. Sehingga bahasa tersebut masuk dalam kategori bahasa tertua di dunia yang masih digunakan sampai saat ini
Berikut terdapat 7 bahasa tertua di dunia yang masih dijadikan alat komunikasi masyarakat daerah :
7 Bahasa Tertua Di Dunia
Bahasa Sansekerta
 1.       Bahasa Sansekerta, merupakan bahasa tertua se-Asia selatan dan Asia tenggara. Bahasa Sansekerta ini adalah bahasa Indo–Eropa yang paling tua namun, masih dikenal dalam sejarahnya. Dalam masa kerajaan Majapahit bahasa Sansekerta digunakan sebagai alat komunikasi yang kini masih tertulis jelas dalam prasasti peninggalan era Majapahit. Pada awalnya bahasa ini muncul secara pra-klasik atau sebagai bahasa Weda.

2.       Bahasa Arab, merupakan bahasa tertua di dunia kedua yang sampai saat ini masih digunakan sebagai bahasa nasional di kerajaan Arab bahkan digunakan di Kuwait, Jordania, Libanon, Irak, Mesir dan Irak. Ditahun 1974 bahasa Arab ditetapkan sebagai bahasa resmi keenam di perserikatan bangsa–bangsa dan pada saat itu sudah digunakan 250 juta manusia di dunia untuk berkomunikasi.

3.       Bahasa Jawa Purba, menjadi bahasa tertua di Indonesia sekalgus tercatat sebagai bahasa paling tua ketiga di dunia. Pada zaman dahulu bahasa Jawa dikenal dalam keserumpunan bahasa Melayu Purba yang digunakan di Malagasi dan juga beberapa daerah di Asia Tenggara. Sehingga bahasa Jawa diakui sebagai bahasa tertua dan merupakan induk dari bahasa -bahasa Austronesia yang lain. Sampai saat ini bahasa jawa masih digunakan oleh sebagian besar masyaraat Indonesia.

4.       Bahasa Estonia, atau bahasa Finnik adalah bahasa tertua yang kini masih digunakan oleh bangsa Estonia. Bahasa Finnik ini memiliki kesamaan dengan bahasa Finlandia dan tercatat di sepanjang sejarah sebagai bahasa tertua. Bahasa tersebut digunakan sejak abad ke 13 sebagai alat komunikasi mereka.

5.       Bahasa Mandarin, merupakan bahasa yang digunakan lebih dari 1 negara. Pasalnya bahasa tertua ini digunakan di negara Taiwan, China, serta berbagai suku yang bertempat tinggal didekat negara China.

6.       Bahasa Inggris, tergolong bahasa tua yang menjadi bahasa Internasional di dunia. Pasalnya hampir semua negara menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Bahkan di Indonesia bahasa Inggris menjadi mata pelajaran pokok bagi semua pelajar mulai dari taman kanak–kanak hingga mereka yang berkedudukan sebagai mahasiswa.

7.       Bahasa Melayu, merupakan bahasa yang terpengaruh dari Jawa dan Arab. Bahasa ini sudah ada sejak abad ke 4 yang hingga kini masih digunakan di negara Malaysia, dan juga Singapore.

Itulah ke 7 bahasa tertua di dunia yang sampai saat ini masih digunakan sebagai alat komunikasi di sejumlah negara.

loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Bahasa Tertua Di Dunia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...