7 Palung Terdalam Di Dunia Dari Berbagai Samudera

Info Unik :
>> Mafia Paling Ditakuti di China Ternyata Berusia 16 Tahun
>> Gila dah! Gadis 16 Tahun ini Diperkosa 113 Pria, 2 Diantaranya Polisi
>> Astaga… Napi Ini Berusaha Kabur Lewat Kloset


Palung merupakan jurang yang berada di dasar laut. Dibelahan bumi ini terdapat beberapa palung yang berpredikat sebagai palung terdalam di dunia mungkin akan terdengar menakutkan jika sampai terjatuh didalam palung tersebut. Didalam palung–palung terdalam itu terdapat sejumlah makhluk hidup yang berhabitat sejak beratus tahun lalu. Makhluk tersebut memiliki ukuran sangat kecil dan bersel yang belum dikenali oleh dunia ilmuwan biologi.

Berikut 7 palung terdalam di dunia yang berlokasi dari berbagai samudera :
7 Palung Terdalam Di Dunia Dari Berbagai Samudera
Palung Mariana
 1.       Palung Mariana, merupakan palung terdalam di dunia yang berada di  dasar laut bagian barat Samudera Pasifik atau tepat disebelah timur kepulauan Mariana. Palung Mariana ini berbatasan dengan dua lempeng tektonik yang bertemu di zona subduksi antara lempeng Pasifik disubduksi dibawah lempeng Filipina. Palung ini berkedalaman 35.798 kaki atau 10.911 m dibawah permukaan laut.
2.       Palung Tonga, adalah palung terdalam yang terletak di samudera Pasifik tepat di Selandia Baru dengan kedalaman 10 883 meter. Bagian titik terdalamnya ini, dikenal sebagai Deep Horizon dan palung Tonga tersebut memiliki Zona subduksi yang paling aktif. Zona tersebut adalah lempeng Pasifik yang bersuduuksi dibawah lempeng Tonga serta lempeng Indo–Asutralia.
3.       Palung Filipina, merupakan palung terdalam ketiga dengan kedalaman mencapai 1320 km dengan lebar 30 km membentang dari pusat pulau Luzon Filipina hingga ke bagian tenggara pulau Halmahera, Maluku Indonesia. Munculnya palung Maluku disebabkan dari adanya tabrakan lempeng tektonik Philippine Sea Plate yang bersubduksi dibawah filipina.
4.       Palung Kuril – Kam, adalah palung yang membentang dari tiga persimpangan antara Patahan Ulakhan dan ke sebelah utara palung Aleutian hingga palung yang berada di sebelah selatan Jepang dengan kedalaman 10.542m. Awalnya, palung ini terbentuk dari suatu zona subduksi diakhir zaman Kapur hingga terciptalah kepulauan Kuril.
5.       Palung Kermadec, merupakan palung terdalam di kerak bumi yang menempati posisi kelima dengan kedalaman 10.047 m. Palung ini berada di samudera Pasifik yang terbentuk dari Lempeng Pasifik yang berada dibawah Lempeng Indo – Australia.
6.       Palung Japan, adalah jurang didalam laut yang berlokasi di Samudera Pasifik dengan kedalaman 9000 m. Terbentuk dari zona subduksi lempeng pasifik yang berada dibawah lempeng japan.
7.       Palung Puerto Rico, adalah palung terdalam yang menempati posisi ke tujuh. Palung ini berada di samudera Atlantik yang kedalamannya mencapai 8605 m atau 28,232 kaki. Menurut ceritanya palung ini juga termasuk palung terindah di dunia.

7 palung terdalam di dunia yang berada dibeberapa samudera memang terbentuk dari adanya zona lempeng, dan terjadi benturan dibawah permukaan laut, sehingga jadilah palung dengan ukuran yang sangat dalam.
loading...
Baca juga :
>> Saking Panasnya Kota ini kita Bisa Goreng Telur di Jalan Jadi Gak perlu Kompor Lagi
>> Tolak Layani Nafsu Mertua, Istri Diikat Telanjang di Pohon
>> Heboh, Kelamin Palsu Wanita Ini Dilepas Paksa Petugas Bandara

0 Response to "7 Palung Terdalam Di Dunia Dari Berbagai Samudera"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...